NARULLYTA PUSPITA DEWI, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK TUNANETRA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LEGO BRAILLE BRICKS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas I SLB Negeri 7 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik tunanetra kelas I di SLB Negeri 7 Jakarta dengan menggunakan media Lego Braille Bricks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini, yaitu peserta didik tunanetra yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang digunakan, yaitu berupa hasil pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan hasil tes. Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil tes kemampuan awal membaca permulaan ketiga peserta didik memperoleh nilai rata-rata, yaitu nilai 55. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh ketiga peserta didik belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu nilai 70. Setelah dilakukan tindakan siklus I, hasil tes evaluasi kemampuan membaca permulaan peserta didik mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 10 sehingga nilai rata-rata, yaitu menjadi nilai 65. Kemudian setelah dilakukan tindakan siklus II, hasil tes kemampuan membaca permulaan peserta didik telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan memperoleh peningkatan nilai rata-rata sebesar 6,6 sehingga nilai rata-rata, yaitu menjadi nilai 71,6. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan media Lego Braille Bricks dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik tunanetra kelas I di SLB Negeri 7 Jakarta. ********* This study aimed to enhance the early reading skills of blind students in first-grade at State Special Needs School of 7 Jakarta using Lego Braille Bricks as a teaching medium. This study employed a classroom action research methodology based on the Kemmis and Mc. Taggart model comprised three distinct stages: planning, action and observation, and reflection. The research focused on a total of three blind students. The study was undertaken in two phases. The data utilised obtained through observations, interviews, documentation, and test results. The data validity employed triangulation of data. The study yielded an average score of 55 on the early reading skills test for the three students. These findings indicated that the average score achieved by the three students fell below the Minimum Mastery Criteria (MMC) score of 70. Following the action of cycle I, the evaluation test for students' early reading skills demonstrated an average score of 10, resulting in an average score of 65. Following the action of cycle II, the evaluation test for students' early reading skills satisfied the Minimum Mastery Criteria (MMC) by achieving an average score increase of 6.6, resulting in an overall average score of 71.6. This study's findings demonstrated that using Lego Braille Bricks as a medium could enhance the early reading skills of first-grade blind students at State Special Needs School of 7 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Marja, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 24076 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 23:38 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 23:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50768 |
Actions (login required)
View Item |