UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI MELALUI SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 7E PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN BEJI 1 KOTA DEPOK

KHAIRUNNISA, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI MELALUI SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 7E PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN BEJI 1 KOTA DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi mengubah bentuk energi melalui model siklus belajar (learning cycle) 7E pada kelas IV SDN Beji 1 Kota Depok. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model John Elliot dan setiap siklus terdiri dari lima sampai enam tahapan. Yaitu identifikasi masalah, penyelidikan, rencana umum, implementasi tindakan, monitoring implementasi dan efektivitas dan revisi ide umum. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB SDN Beji 1 Kota Depok sebagai 27 orang peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2023 sampai Februari 2024. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda, serta menggunakan instrumen pemantauan tindakan aktivitas guru san instrumen pemantauan tindakan aktivitas peserta didik. Pada siklus I hasil belajar peserta didik dari total 27 peserta didik hanya 20 peserta didik yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau hanya 74,07% yang mencapai skor di atas 73 sehingga dinyatakan belum tuntas karena belum mencapai target yang diharapkan yaitu 85%, dan meningkat pada siklus II menjadi 88,88%. Lembar pematauan tindakan guru pada siklus I sebesar 80% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Lembar pemantauan tindakan peserta didik pada siklus I sebesar 82,35% dan meningkat pada siklus II sebesar 94,11%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model siklus belajar (learning cycle) 7E dapat meningkatkan hasil belajar materi mengubah bentuk energi peserta didik kelas IVB SDN Beji 1 Kota Depok. Oleh karena itu, model siklus belajar (learning cycle) 7E dapat dijadikan salah satu alternative untuk meningkatkan hasil belajar peserta didk pada pembelajaran IPAS. ***** The purpose of this class action research is to describe the improvement of learning outcomes on the material of changing the form of energy through the 7E learning cycle model in class IV SDN Beji 1 Kota Depok. The methodology used in this research is Classroom Action Research (PTK) with the John Elliot model research design and each cycle consists of five to six stages. Namely problem identification, investigation, general plan, implementation of action, monitoring implementation and effectiveness and revision of general ideas. The subjects in this study were students of class IVB SDN Beji 1 Kota Depok as 27 students. This research was conducted from September 2023 to February 2024. Data collection in this study used written tests in the form of multiple choice questions, as well as using teacher activity action monitoring instruments and learner activity action monitoring instruments. In cycle I, the learning outcomes of students from a total of 27 students were only 20 students who reached the Minimum Completion Criteria (KKM) score or only 74.07% who scored above 73 so that it was declared incomplete because it had not reached the expected target of 85%, and increased in cycle II to 88.88%. The teacher action monitoring sheet in cycle I was 80% and increased in cycle II to 90%. The monitoring sheet of students' actions in cycle I amounted to 82.35% and increased in cycle II by 94.11%. The conclusion of this study is that the application of the 7E learning cycle model can improve the learning outcomes of the material of changing the form of energy of students in class IVB SDN Beji 1 Kota Depok. Therefore, the 7E learning cycle model can be used as an alternative to improve the learning outcomes of students in IPAS learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25060 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:39
Last Modified: 04 Sep 2024 03:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50773

Actions (login required)

View Item View Item