UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA MELALUI PENDEKATAN MIKIR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN BINTARA JAYA VI KOTA BEKASI

HENI NURUL AMALIA, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA MELALUI PENDEKATAN MIKIR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN BINTARA JAYA VI KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi gaya melalui pendekatan MIKiR pada kelas IV SDN Bintara Jaya VI Kota Bekasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis Mc Taggart dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan. Yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A SDN Bintara Jaya VI Kota Bekasi sebagai 20 orang peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai Juni 2024. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda, serta menggunkan instrumen pemantauan tindakan aktivitas guru dan instrumen pemantauan aktivitas peserta didik. Pada siklus I hasil belajar peserta didik dari total 20 peserta didik hanya 14 peserta didik yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau hanya 70% yang mencapai skor di atas 75 sehingga dinyatakan belum tuntas karena belum mencapai target yang diharapkan yaitu 90% dan meningkat pada siklus II menjadi 95%. Lembar pemantauan tindakan guru pada siklus I sebesar 80% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Lembar pemantauan tindakan peserta didik pada siklus I sebesar 70% dan meningkat pada siklus II sebesar 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan MIKiR dapat meningkatkan hasil belajar materi gaya peserta didik kelas IV-A SDN Bintara Jaya VI Kota Bekasi. Oleh karena itu, pendekatan MIKiR dapat dijadikan salah satu alternative untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS. ***** The purpose of this class action research is to describe the improvement of learning outcomes on force material through the MIKiR approach in class IV SDN Bintara Jaya VI Bekasi City. The methodology used in this research is Classroom Action Research (PTK) with Kemmis Mc Taggart research design and each cycle consists of four stages. Namely planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research were students of class IV-A SDN Bintara Jaya VI Bekasi City as 20 students. This research was conducted from February to June 2024. Data collection in this study used written tests in the form of multiple choice questions, as well as using teacher activity action monitoring instruments and student activity monitoring instruments. In cycle I, the learning outcomes of students from a total of 20 students were only 14 students who reached the Minimum Completion Criteria score or only 70% who scored above 75 so that it was declared incomplete because it had not reached the expected target of 90% and increased in cycle II to 95%. The teacher action monitoring sheet in cycle I was 80% and increased in cycle II to 100%. The student action monitoring sheet in cycle I was 70% and increased in cycle II by 100%. The conclusion of this study is that the application of the MIKiR approach can improve the learning outcomes of students in class IV-A SDN Bintara Jaya VI Bekasi City. Therefore, the MIKiR approach can be used as an alternative to improve student learning outcomes in IPAS learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25617 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2024 00:50
Last Modified: 06 Sep 2024 00:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50806

Actions (login required)

View Item View Item