UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS IV SDN SRENGSENG SAWAH 11

PHOBY CHATESA, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS IV SDN SRENGSENG SAWAH 11. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model Example non Example pada siswa kelas IV SDN Srengseng Sawah 11 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam rentang waktu Januari-Juni 2024 pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas tiga tahap yaitu perencanaan tindakan, pengamatan serta refleksi. Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yang diharapkan harus mencapai 80% dengan skor >75 dari jumlah seluruh siswa. Adapun target yang diharapkan peneliti dari pemantau tindakan guru dan aktivitas siswa dalam menggunakan model Example non Example adalah 90%. Pada siklus I keterampilan menulis karangan deskripsi siswa memperoleh persentase 62,5%, sedangkan pemantau tindakan guru dan aktivitas siswa mencapai 86%. Pada siklus II terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa mencapai 87,5% dan hasil pemantau tindakan guru dan aktivitas siswa mencapai 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Example non Example dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. *********** The research is aimed at improving the skills of writing descriptive essays using the model Example non Example in class IV students of SDN Srengseng Sawah 11 with a total of 32 students. The research was conducted in the period January-June 2024 in the full semester of the academic year 2023/2024. The method used in this study is Class Action Research (PTK) which adapts the Kemmis and Mc Taggart model that is carried out in two cycles where each cycle consists of three stages namely action planning, observation and reflection. The student's descriptive writing skills are expected to reach 80% with a score of ≥75 of the total number of students. As for the researchers' expected target of the teacher's actions monitor and student activity in using the model Example non Example is 90%. In the first cycle, the student's skills in writing descriptions were 62.5% compared to the teacher's actions and students' activities of 86%. In the second cycle there was an improvement in students' descriptive writing skills to 87.5% and the teacher and student actions monitoring results to 100%. The results showed that using the model Example non Example could improve students' description writing skills in Indonesian language learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, M.Si. ; 2). Engga Dallion EW, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24481 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:17
Last Modified: 06 Sep 2024 04:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50807

Actions (login required)

View Item View Item