PENGARUH STRATEGI JEOPARDY REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR BUNPOU MAHASISWA SEMESTER III

SAFIRA SALSABILA, . (2020) PENGARUH STRATEGI JEOPARDY REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR BUNPOU MAHASISWA SEMESTER III. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File 1 cover, lembar, abstrak, dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (520kB)
[img] Text
file 7 daftar pustaka.pdf

Download (270kB)
[img] Text
FILE 8 lampiran dan daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan strategi Jeopardy Review terhadap hasil belajar Bunpou mahasiswa semester III di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Banyaknya materi Bunpou yang harus dipelajari membuat mahasiswa merasakan kesulitan untuk memahami dan mengingat materi yang telah diberikan. Mahasiswa membutuhkan pembelajaran yang dapat membantu mereka mengingat materi lebih lama dengan cara lebih melibatkan mereka untuk lebih aktif di kelas. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Jeopardy Review. Strategi Jeopardy Review adalah strategi pembelajaran berbasis active learning yang diadaptasi dari kontes permainan televisi berupa review pelajaran dengan gamifikasi di dalamnya. Manfaat yang didapatkan pengajar dari penerapan strategi ini antara lain, dapat secara langsung menilai tingkat pemahaman mahasiswa selama jalannya permainan. Sedangkan manfaat terhadap mahasiswa antara lain, mahasiswa dapat menerapkan materi Bunpou yang telah dipelajari, mahasiswa dapat mengingat materi lebih lama, juga mahasiswa akan mendapatkan feedback dari pengajar sehingga mengetahui letak kesalahan dalam penggunaan tata bahasa. Metode penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta yang mengambil mata kuliah Bunpou III dengan sampel mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bunpou III kelas A yang berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes (pretest dan posttest) serta non-tes berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa ttabel pada taraf signifikansi 5% (2,03) < nilai thitung penelitian ini yaitu (2,18). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar bunpou III setelah penerapan strategi Jeopardy Review. Selain itu, didapatkan nilai sig F 0.003< α 0.05 dengan nilai R² sebesar 41.85% yang berarti strategi Jeopardy Review mempengaruh hasil belajar bunpou III dan pengaruhnya adalah sebesar 41.85%. Kemudian, berdasarkan hasil angket, keunggulan strategi Jeopardy Review adalah dapat meningkatkan daya ingat dalam hal mengingat materi pelajaran (72%), strategi Jeopardy Review mengasah kemampuan menerapkan tata bahasa dengan tepat (72%), strategi ini dapat meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar (77%). Sementara kelemahannya adalah strategi Jeopardy Review cenderung memakan banyak waktu (72%), strategi Jeopardy Review membuat suasana kelas kurang kondusif untuk belajar (61%). Kata kunci : Strategi pembelajaran, jeopardy review, hasil belajar, bunpou III, bahasa Jepang. ABSTRACT Safira Salsabila. 2020, The Effect of the Jeopardy Review Strategy on Grammar Learning Outcomes of Semester III Students. Thesis. Japanese Language Education Study Program Faculty of Language and Art, State University of Jakarta. This study aims to see whether there is an influence of the use of the Jeopardy Review strategy on the learning outcomes of third semester students Bunpou at the Japanese Language Education Study Program, State University of Jakarta. The large amount of Bunpou material that must be studied makes students find it difficult to understand and remember the material that has been given. Students need learning that can help them remember longer material by engaging them to be more active in class. One way to overcome these problems is to apply the Jeopardy Review learning strategy. The Jeopardy Review Strategy is an active learning-based learning strategy adapted from a television game contest in the form of a review of lessons with gamification in them. The benefits that the instructor receives from implementing this strategy include, among others, being able to directly assess the level of student understanding during the course of the game. While the benefits to students include, among others, students can apply Bunpou material that has been studied, students can remember the material longer, also students will get feedback from the instructor so that they know the location of errors in the use of grammar. This research method is Pre-Experimental Design with One Group Pretest-Posttest Design. The population in this study were students of the Japanese Language Study Program at the State University of Jakarta who took Bunpou III courses with a sample of 18 students taking Bunpou III courses. The research instruments were tests (pretest and posttest) and non-tests in the form of questionnaires. Based on the results of data analysis, it is known that the table at a significance level of 5% (2.03) <the value of this study is (2.18). Thus it can be concluded that there is an influence on the learning outcomes of Bunpou III after the implementation of the Jeopardy Review strategy. In addition, a sig F value of 0.003 <α 0.05 was obtained with an R² value of 41.85%, which means the Jeopardy Review strategy influenced the learning outcomes of Bunpou III and the effect was 41.85%. Then, based on the results of the questionnaire, the advantage of the Jeopardy Review strategy is that it can improve memory in terms of remembering subject matter (72%), the Jeopardy Review strategy sharpens the ability to apply grammar appropriately (72%), this strategy can increase enthusiasm and motivation to learn (77 %). While the weakness is that the Jeopardy Review strategy tends to take a lot of time (72%), the Jeopardy Review strategy makes the classroom atmosphere less conducive to learning (61%). Keywords: Learning strategies, jeopardy review, learning outcomes, bunpou III, Japanese.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Frida Philiyanti, M.Pd. ; 2)Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 1702 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2020 09:38
Last Modified: 06 Jul 2022 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item View Item