SAKINATUL ULYA, . (2024) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS V DI SDN KELURAHAN JATINEGARA KAUM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (677kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (357kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas V di SDN Kelurahan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatinegara Kaum 05, SDN Jatinegara Kaum 03, dan SDN Jatinegara Kaum 06 dengan menggunakan teknik stage sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan berupa uraian soal untuk mengukur variabel kemampuan komunikasi matematis dan instrumen non tes berupa angket untuk mengukur variabel regulasi diri dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan regulasi diri dalam belajar dengan kemampuan komunikasi matematis. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel regulasi diri terhadap variabel kemampuan komunikasi matematis sebesar 17,7% dan sisanya sebesar 82,3% dipengaruhi oleh faktor lain. ***** This reseach aims to find out the relationship between self regulated learning and mathematical communication skills in fifth-grade students at SDN Kelurahan Jatinegara Kaum, East Jakarta. The sample for this research consists of fifth-grade students from SDN Jatinegara Kaum 05, SDN Jatinegara Kaum 03, and SDN Jatinegara Kaum 06, using a stage sampling technique. Data collection was conducted through both test and non-test instruments. The test instrument consisted of essay questions to measure the variable of mathematical communication skills, while the non-test instrument was a questionnaire to assess the variable of self-regulation in learning. The research findings indicate a positive and significant relationship between self-regulation in learning and mathematical communication abilities. The effective contribution of the self regulated learning variable to mathematical communication skill is 17.7%, while the remaining 82.3% is influenced by other factors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd 2). Drs. Adi Putra, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Sains > Matematika |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 25137 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:42 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50905 |
Actions (login required)
View Item |