HUBUNGAN NUMBER SENSE DENGAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN DESIMAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN DUREN SAWIT

LUBNA LABIBA, . (2024) HUBUNGAN NUMBER SENSE DENGAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN DESIMAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN DUREN SAWIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Bab II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara number sense dengan hasil belajar operasi hitung bilangan desimal siswa sekolah dasar di Kecamatan Duren Sawit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Pondok Bambu 10 dan SD Negeri Pondok Kelapa 10 Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes soal uraian untuk masing-masing variabel. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan product moment dan diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,470 dengan koefisien determinasi sebesar 22%. Dari uji signifikansi juga diperoleh thitung = 5,534 dan ttabel = 1,982. Berdasarkan perhitungan tersebut, uji signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara number sense dengan hasil belajar operasi hitung bilangan desimal. ***** This research aims to determine the relationship between number sense and the learning outcomes of decimal number arithmetic operations for elementary school students in Duren Sawit District. This research is quantitative research with a survey method. The population in this study were fifth grade students at State Elementary Schools in Duren Sawit District, East Jakarta. The sampling technique is random sampling. The sample in this study were fifth grade students at SDN Pondok Bambu 10 and SDN Pondok Kelapa 10, Duren Sawit District, East Jakarta. Data collection uses test instruments with description questions for each variable. The research data were analyzed using product moment and obtained a correlation coefficient of 0.470 with a coefficient of determination of 22%. From the significance test, tcount = 5.534 and ttable = 1.982. Based on these calculations, the correlation coefficient significance test shows tcount > ttable. So, it can be concluded that there is a positive and significant relationship between number sense and learning outcomes for decimal number counting operations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yurniwati, M. Pd; 2). Indah Wardatussa’idah, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25698 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:14
Last Modified: 12 Sep 2024 06:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50916

Actions (login required)

View Item View Item