PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD DI KELURAHAN CENGKARENG BARAT

ARDALIA PUTRI FAUZIAH, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD DI KELURAHAN CENGKARENG BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Lampiran Disertasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis pada Pendidikan Pancasila. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan total sampel sebanyak 58 peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Post-Test Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal esai sebanyak 5 butir soal. Data yang diperoleh ini dilakukan analisis data dengan uji-t. Berdasarkan hasil penghitungan uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 maka diperoleh nilai thitung = 3,708 dan ttabel = 2,003 dengan kriteria pengujian jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima atau H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model SSCS memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD pada Pendidikan Pancasila di SDN Cengkareng Barat 05. Kata Kunci: Model Pembelajaran SSCS, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila ***** This study aims to determine the effect of SSCS learning model on critical thinking skills in Pancasila Education. The sample determination in this study used cluster random sampling technique with a total sample of 58 students. The method used is experimental research with a quantitative approach and Post-Test Only Control Group Design research design. The data collection technique used is a written test in the form of essay questions as many as 5 items. The data obtained was analyzed using the t-test. Based on the results of calculating the hypothesis test using the t-test at a significance level of 0.05,the t-count value = 3.708 and t-table = 2.003 with the test criteria if t-count> t-table then the hypothesis is accepted or H1 is accepted and H0 is rejected. Thus, it can be concluded that the use of the SSCS model has a positive effect on the critical thinking skills of fifth grade students in Pancasila Education at SDN Cengkareng Barat 05. Keywords: SSCS Learning Model, Critical Thinking Skills, Pancasila Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Drs. H. Adi Putra, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25633 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:35
Last Modified: 20 Sep 2024 04:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50933

Actions (login required)

View Item View Item