PEMBELAJARAN MUSIK PENYANDANG TUNANETRA KELAS VOCCATIONAL DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) RAWINALA JAKARTA TIMUR

ARDIKA CHANDRA DEWA, . (2024) PEMBELAJARAN MUSIK PENYANDANG TUNANETRA KELAS VOCCATIONAL DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) RAWINALA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Musik Penyandang Tunanetra Kelas Voccational di Sekolah Luar Biasa (SLB) Rawinala Jakarta Timur. Program Study Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran musik bagi siswa berkebutuhan khusus hal apa saja yang digunakan guru dalam pembelajaran musik di SLB-G Rawinala, sehingga dapat diterapkan oleh sekolah lain dan dapat memajukan pendidikan inklusif di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dimana peneliti membandingkan 2 sumber dengan studi pustaka atau kepustakaan. Teknik analisis interaktif yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi, triangulasi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pembelajaran musik bagi siswa berkebutuhan khusus yang menitikberatkan pada aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran musik bagi penyandang tuna netra di kelas kejuruan di SLB Rawinala Jakarta Timur dalam pembelajaran musik menghasilkan nilai positif bagi siswa tuna netra, karena pembelajaran musik yang dilaksanakan di Sekolah Rawinala memiliki komponen pembelajaran seperti tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang efektif bagi siswa tuna netra dengan kurikulum pembelajaran musik yang fungsional dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif, psikomotor dan afektif. ***** Music Learning for the Blind in Voccatinal Class at Special Shool in East Jakarta, Music Education Study Program, Faculty Of Language and art, State University of Jakarta. The purpose of this study is to describe the implementation of music learning for students with blind what things the teacher uses in learning music at SLB-G Rawinala, so that it can be applied by other schools and can advance inclusive education in Indonesia. The research method used by researchers is a qualitative research description. data sources obtained through observation, interviews and documentation. To test the validity of the data, this research uses triangulation of data sources where researchers compare 2 sources with literature or library studies. The interactive analysis techniques used in this research are data reduction, data presentation, verification, triangulation. The object of research in this study is music learning for students with disabilities which focuses on learning activities. The results of this research can be concluded that music learning for blind people in vocational classes at the Rawinala Special School, East Jakarta, in music learning produces positive values for students with visual impairments, because the music learning carried out at Rawinala School has learning components such as learning objectives, learning materials, learning media and effective learning evaluation for students with visual impairments with a functional music learning curriculum can be effective in improving cognitive, psychomotor and affective abilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sn. Hery Budiawan, S.Pd.,M.Sn.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Seni Musik > Musik
Seni Musik > Literatur Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 25704 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2024 23:53
Last Modified: 16 Sep 2024 23:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50937

Actions (login required)

View Item View Item