PERBEDAAN MORAL DISENGAGEMENT SESUAI BULLYING BYSTANDER PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PERWIRA JAKARTA

DITRI AULIA MAULIDA, . (2024) PERBEDAAN MORAL DISENGAGEMENT SESUAI BULLYING BYSTANDER PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PERWIRA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan moral disengagement sesuai bullying bystander pada peserta didik di SMK Perwira Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaif komparatif. Sampel berjumlah 96 peserta didik yang dipilih menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Moral Disengagement Scale (MDS) yang dikembangkan oleh Hymel et.al., (2005) dan Bullying Participant Behaviors Questionnaire (BPBQ) yang dikembangkan oleh Demaray et.al., (2014) yang telah diadaptasi menggunakan independent-translation, yaitu oleh Johanna dan Akmal sebagai penerjemah instrumen ke dalam bahasa Indonesia serta Galuh dan Yordan sebagai penerjemah instrumen daru bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Hasil instrumen yang diadaptasi penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur (one way-anova) dengan bantuan program software SPSS versi 24 menunjukkan nilai sig. 0.001 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan moral disengagement pada bullying bystander pada peserta didik di SMK Perwira Jakarta. Berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa dalam penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan moral disengagement sesuai bullying bystander pada peserta didik di SMK Perwira Jakarta. Perbedaan paling signifikan terdapat pada aspek assistant dengan nilai sig. 0.000 < 0.05. Peserta didik dengan moral disengagement yang tinggi dapat cenderung melakukan bullying dan tidak menaati peraturan yang berlaku di sekolah. Sebaliknya, peserta didik yang memiliki moral disengagement yang rendah cenderung terhindar dari tindakan- tindakan yang melanggaran aturan yang ada di sekolah, seperti melakukan bullying. **** This research aims to determine the level of differences in moral disengagement according to bystander bullying among students at the SMK Perwira Jakarta. The research method used is quantitative comparative. The sample consisted of 96 students selected using purposive sampling. The instruments used were the Moral Disengagement Scale (MDS) developed by Hymel et.al., (2005) and the Bullying Participant Behaviors Questionnaire (BPBQ) developed by Demaray et.al., (2014) which has been adapted using independent-translation, namely by Johanna and Akmal as translators of instruments into Indonesian and Galuh and Yordan as translators of instruments from Indonesian into English. The results of the instrument adapted for this research using a one-way variance analysis technique (one way-Anova) with the help of the SPSS version 24 software program show a sig value. 0.001 < 0.05 which means there is a difference in moral disengagement in bystander bullying among students at the SMK Perwira Jakarta. Based on the results of data analysis, it is stated that in this study there is a significant difference in moral disengagement according to bystander bullying among students at the SMK Perwira Jakarta. The most significant difference is in the assistant aspect with the sig value. 0.000 < 0.05. Students with high moral disengagement can tend to bully and disobey the rules that apply at school. On the other hand, students who have low moral disengagement tend to avoid actions that violate school rules, such as bullying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dewi Justitia, M.Pd.,Kons.; 2). Dr. Karsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 25697 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:46
Last Modified: 23 Sep 2024 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50957

Actions (login required)

View Item View Item