MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR ISLAM IZZUDIN

MUTIARA MADANI, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR ISLAM IZZUDIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui pendekatan somatis, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) berbantuan boneka tangan pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Izzuddin. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc.Taggart yang dilaksanakan dalam tiga tahap kegiatan, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan dan pengamatan, serta (3) refleksi. Pada pra siklus, nilai tes praktik keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali fabel hanya memperoleh persentase sebesar 28%. Pada siklus I, nilai tes praktik keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali fabel mengalami peningkatan menjadi sebesar 56%, namun belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II, nilai tes praktik keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali fabel mengalami peningkatan yang signifikan menjadi sebesar 100%, sehingga sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Hasil pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 87% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 92%. Hasil pemantau tindakan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 87%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan SAVI berbantuan boneka tangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam menceritakan kembali fabel pada siswa kelas II SDI Izzudin, sehingga guru dapat menggunakan pendekatan SAVI berbantuan boneka tangan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI), Boneka Tangan ***** The research aims to improve speaking skills through the somatic, auditory, visual, and intellectual (SAVI) approach aided by hand puppets in second-grade elementary school students. This study was conducted at SDI Izzudin. The subjects of this study were 18 second-grade students. The research used a classroom action research method with the Kemmis and Mc.Taggart model, carried out in three stages: (1) planning, (2) action and observation, and (3) reflection. In the pre-cycle stage, the student’s speaking skills test scores in retelling a fable reached only 28%. In cycle I, the student’s speaking skills test scores in retelling a fable increased to 56%, but had not yet reached the established success criteria, so the action continued to the next cycle. In cycle II, the student’s speaking skills test scores in retelling a fable significantly increased to 100%, thereby reaching the success criteria. The results of monitoring teacher activity in cycle I showed a percentage of 87%, which increased to 92% in cycle II. The results of monitoring student activity in cycle I showed a percentage of 70%, which increased to 87% in cycle II. The results of this study indicate that the SAVI approach aided by hand puppets in Indonesian language learning can improve the speaking skills of second-grade students at SDI Izzudin in retelling a fable. Therefore, teachers can consider using the SAVI approach aided by hand puppets as an alternative teaching approach to enhance student’s speaking skills. Keywords: Speaking Skills, Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) Approach, Hand Puppets

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mutiara Madani .
Date Deposited: 25 Sep 2024 23:51
Last Modified: 29 Sep 2024 23:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50980

Actions (login required)

View Item View Item