PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KRITIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN DUREN SAWIT

NUR ARAFAH PUTRI, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KRITIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN DUREN SAWIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhmodel SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman kritis siswa kelas V SDN Duren Sawit 13 Pagi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Desigm. Populasi dalam peneltian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Duren Sawit. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Duren Sawit 13 Pagi sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakanTwo Stage Cluster Samplin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini berfungsi untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa pada sampel yang telah ditemtukan. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data jumlah siswa, dan daftar nama siswa. Tes yang digunakan yaitu berupa pretest dan posttest kemudian di analisis menggunakan uji normalitas dengan kolmogorov smirnov, dan uji homogenitas menggunakan levene’s test. Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-test, berdasarkan hasil uji Independent sampel T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil membaca pemahaman siswa antara model pembelajaran SQ3R dengan Model Discovery Learning.mean pada postest kelas eksperimen yaitu 86.00 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68.33, sehingga dapat diakatan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman kritis siswa kelas V SDN Duren Sawit 13 Pagi. ********** The aim of this research is to determine whether there is an influence of the SQ3R model on the critical reading comprehension abilities of fifth grade students at SDN Duren Sawit 13 Pagi. The type of research used is experimental research in the form of Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were fifth grade elementary school students in Duren Sawit District. Meanwhile, the samples in this study were students of the VA class at SDN Duren Sawit 13 Pagi as the experimental class and VB as the control class. The sampling technique uses Two Stage Cluster Sampling. The data collection techniques used in this research are tests and documentation. The test used in this research functions to measure students' reading comprehension abilities in the samples that have been found. Meanwhile, documentation is used to obtain data on the number of students and a list of student names. The tests used were pretest and posttest then analyzed using the normality test with Kolmogorov Smirnov, and the homogeneity test using Levene's test. Hypothesis testing uses the Independent Sample T-test, based on the results of the Independent Sample T-test, a sig value is obtained. (2-tailed) is 0.000 < 0.05 so it can be concluded that there is a difference in the average results of students' reading comprehension between the SQ3R learning model and the Discovery Learning Model. The posttest average for the experimental class was 86.00, while for the control class it was 68.33, so it can be said that there is an influence of the SQ3R learning model on the critical reading comprehension abilities of class V students at SDN Duren Sawit 13 Pagi. .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd. ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24697 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2024 23:36
Last Modified: 29 Sep 2024 23:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51014

Actions (login required)

View Item View Item