PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA BERBANTUAN INSTAGRAM (@biomotion.id) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK

ULIS ARMANDA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA BERBANTUAN INSTAGRAM (@biomotion.id) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER NEW.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem gerak pada manusia merupakan salah satu materi biologi yang cukup sulit untuk dipahami siswa karena materi sistem gerak pada manusia memiliki materi yang relatif banyak. Keterampilan literasi digital dapat dibantu dengan media pembelajaran berbantuan instagram @biomotion.id. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan @biomotion.id yang valid dan layak untuk meningkatkan literasi digital tentang sistem gerak pada manusia. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 61 Jakarta pada bulan November 2023 hingga bulan Juli 2024. Subyek uji penelitian ini meliputi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, 10 peserta didik kelompok kecil, 50 siswa kelompok besar, dan biologi guru. Hasil analisis data yang diperoleh normal namun tidak homogen, sehingga dianalisis menggunakan Uji Mann-Whitney U dengan distribusi data dan menolak H0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @biomotion.id memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,45 dengan sangat valid dan layak. Rata-rata nilai pretest dan postest sebesar 54,10 dan 86,60. Nilai normalized gain sebesar 0,69 menunjukkan @biomotion.id memberikan peningkatan kemampuan literasi digital peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa @biomotion.id layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat memberikan peningkatan terhadap literasi digital peserta didik keterampilan dalam memahami materi sistem sistem gerak pada manusia. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan konten yang berbasis projek, serta menambahkan fitur-fitur yang mendukung kolaborasi dan berbagi pengetahuan antar peserta didik./ The human movement system is one of the biology materials that is quite difficult for students to understand because the material of the human movement system has a relatively large amount of material. Digital literacy skills can be assisted by Instagram-assisted learning media @biomotion.id. The purpose of this research is to develop @biomotion.id which is valid and feasible to improve digital literacy about the human movement system. The method used is the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model which has stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. This research was conducted at SMAN 61 Jakarta from November 2023 to July 2024. The test subjects of this research include media experts, material experts, linguists, 10 small group students, 50 large group students, and biology teachers. The results of the data analysis obtained were normal but not homogeneous, so they were analysed using the Mann-Whitney U Test with data distribution and rejecting H0. The results showed that @biomotion.id obtained an average score of 3.45 with very valid and feasible. The average pretest and posttest scores were 54.10 and 86.60. The normalised gain value of 0.69 shows that @biomotion.id provides an increase in students' digital literacy skills. This shows that @biomotion.id is feasible to use as learning media and can provide an increase in students' digital literacy skills in understanding the material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rusdi, M.Biomed. ; 2). Dr. Rizhal Hendi Ristanto, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Sains > Anatomi Manusia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 25611 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:44
Last Modified: 01 Oct 2024 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51042

Actions (login required)

View Item View Item