PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BAGI ANAK TUNA NETRA (Penelitian Studi Kasus di SLB Cahaya Qur’an Bogor)

NABILA QURROTA A’YUN, . (2022) PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BAGI ANAK TUNA NETRA (Penelitian Studi Kasus di SLB Cahaya Qur’an Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (915kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang dilakukan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan gangguan penglihatan atau biasa disebut Tunanetra dalam mempelajari kosakata Bahasa Arab. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat serta upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam meningkatkan proses belajar mengajar kosakata Bahasa Arab bagi anak Tunanetra sendiri. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SLB Cahaya Qur’an Bogor yang beralamat di Jl. Warung Borong RT.06/RW.01, Ciampea, Bogor, Jawa Barat. Adapun peserta didik terdiri dari 25 siswa, mereka adalah anak penyandang Tunanetra. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari pembelajaran bahasa Arab bagi anak Tunanetra di SLB Cahaya Qur’an Bogor adalah untuk memudahkan mereka dalam mempelajari Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam. Selain itu, tujuan dari pembelajaran kosakata bahasa Arab sendiri yaitu untuk memberikan dan menambah wawasan serta ilmu kepada anak Tunanetra diluar mata pelajaran yang umum. Selanjutnya, hasil penelitian juga berupa pemaparan naratif deskriptif yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah SLB Cahaya Qur’an Bogor, guru pengajar Bahasa Arab di SLB Cahaya Qur’an Bogor dan peserta didik dengan gangguan penglihatan di SLB Cahaya Qur’an Bogor. Hasil wawancara mencakup tujuan pembelajaran, bahan ajar yang digunakan, metode pembelajaran, alat peraga yang digunakan, penilaian pembelajaran, faktor pendukung proses pembelajaran, faktor penghambat proses pembelajaran, antusiasme dalam mempelajari kosakata Bahasa Arab, dan upaya dalam meningkatkan proses pembelajaran kosakata Bahasa Arab di SLB Cahaya Qur’an Bogor. *********************************************************** This study aims to determine the learning carried out for Children with Special Needs (ABK) with visual impairments or commonly called Blind in learning Arabic vocabulary. In addition, this study also aims to determine the supporting factors and inhibiting factors as well as the efforts made by educators in improving the teaching and learning process of Arabic vocabulary for blind children themselves. Research used descriptive qualitative research methods with data analysis techniques. The type of this research is field research, by conducting interviews, observations, and documentation. This research was conducted at SLB Cahaya Qur’an Bogor, which is located at Jl. Warung Borong RT.06/RW.01, Ciampea, Bogor, West Java. The students consisted of 25 students, they were children with visual impairments. The results of the study indicate that the purpose of learning Arabic for blind children at SLB Cahaya Qur'an Bogor is to make it easier for them to learn the Qur'an which is the holy book of Muslims. In addition, the purpose of learning Arabic vocabulary itself is to provide and add insight and knowledge to blind children outside of general subjects. Furthermore, the results of the research are also descriptive narrative exposures obtained from interviews with the Principal of the SLB Cahaya Qur’an Bogor, Arabic language teachers at the SLB Cahaya Qur’an Bogor and students with visual impairments at the SLB Cahaya Qur’an Bogor. The results of the interviews included learning objectives, teaching materials used, learning methods, teaching aids used, learning assessments, supporting factors for the learning process, inhibiting factors for the learning process, enthusiasm in learning Arabic vocabulary, and efforts to improve the process of learning Arabic vocabulary in special schools SLB Cahaya Qur’an Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohamad Sarip, M.A. ; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:41
Last Modified: 04 Oct 2024 01:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51223

Actions (login required)

View Item View Item