HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA

WAHYU AGUNG UTOMO, . (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wahyu Agung Utomo, HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIANTEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA. Dosen Pembimbing : Dr. Faried Wadjdi, M.Pd., MM dan Dr. Aris Sunawar, S.Pd., MT Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keeratan: (1) hubungan antara penggunaan media sosial dalam belajar dengan hasil belajar dasar listrik dan elektronika, (2) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dasar listrik dan elektronika, (3) hubungan antara penggunaan media sosial dalam belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar dasar listrik dan elektronika. Penelitian ini menggunakan sampel menjadi 72 orang yaitu siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian expost facto yang bersifat deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Data dari hasil penelitian akan diuji dengan uji prasyarat analisis dan uji prasyarat hipotesis dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dapat disimpulkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial dalam belajar dengan hasil belajar dasar listrik dan elektronika dilihat dari nilai ryx1 = 0,532 > rtabel = 0,232 dan nilai thitung = 5,249 > ttabel = 1,994; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dasar listrik dan elektronika dilihat dari nilai ryx2 = 0,603 > rtabel = 0,232 dan nilai thitung = 6,328 > ttabel = 1,994; 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial dalam belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar dasar listrik dan elektronika dilihat dari nilai ryx1x2 = 0,6363 > rtabel = 0,232 dan nilai Fhitung = 23,47 > Ftabel = 3,13. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel bebas secara bersama-sama dengan hasil belajar dasar listrik dan elektronika. Kata kunci: Penggunaan Media Sosial, Motivasi Belajar,Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Wahyu Agung Utomo, THE CORRELATION BETWEEN THE USE OF SOCIAL MEDIA AND LEARNING MOTIVATION WITH ELECTRICITY LEARNING OUTCOMES IN ELECTRICITY AND ELECTRONICS BASIC OF TEN GRADE STUDENTS FROM TITL IN SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA. Supervisor: Dr. Faried Wadjdi, M.Pd., MM and Dr. Aris Sunawar, S.Pd., MT The purpose of this research is to know the level of closeness: (1) the correlation between the use of social media in learning with the basic learning outcomes of electricity and electronics, (2) the correlation between learning motivation with the basic learning outcomes of electricity and electronics, (3) the correlation between the use of social media in learning and learning motivation together with the basic learning outcomes of electricity and electronics. This research used a sample of 72 people, namely Grade X students of the Expertise Program Electrical Power Engineering in SMK Dinamika Pembangunan 1, Jakarta. This research uses a descriptive correlative expost facto research method with a quantitative approach. Data from the results of the study will be tested with the analysis prerequisite test and hypothesis prerequisite test with a significance level of 5%. Based on the results of the calculation of the hypothesis test can be concluded: (1) there is a positive and significant correlation between the use of social media in learning with the basic learning outcomes of electricity and electronics seen from the value of ryx1 = 0.532> rtable = 0.232 and tcount = 5.249> ttable = 1.994; (2) there is a positive and significant correlation between learning motivation with the basic learning outcomes of electricity and electronics seen from the value of ryx2 = 0.603> rtable = 0.232 and tcount = 6.328> ttable = 1.994; 3) there is a positive and significant correlation between the use of social media in learning and learning motivation together with the basic learning outcomes of electricity and electronics seen from the value of ryx1x2 = 0.6363> rtable = 0.232 and value of Fcount = 23.47> Ftable = 3.13. Based on the results of the analysis of these data it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the independent variables together with the basic learning outcomes of electricity and electronics. Keywords: Use of Social Media, Learning Motivation, Learning Outcomes of Basic Electrical and Electronic

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Faried Wadjdi,M.Pd. ; 2). Dr. Aris Sunawar,M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1850 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2020 10:15
Last Modified: 04 Mar 2020 10:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5124

Actions (login required)

View Item View Item