MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK TERHADAP GERAK TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PELATIHAN TARI TINGKAT C

RESTANTI MAULIDAH ROHMAH, . (2022) MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK TERHADAP GERAK TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PELATIHAN TARI TINGKAT C. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB)
[img] Text
LAMPIRN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)

Abstract

Daya ingat adalah bagian penting dalam proses pelatihan karena daya ingat sangat dibutuhkan untuk pengahafalan materi gerak tari. Model Numbered Head Together(NHT) dalam pelatihan disanggar tari dapat meningkatkan daya ingat anak-anak remaja. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan daya ingat anak terhadap gerak tari pada pelatihan tari tingkat C di Sanggar Ratih Ayu. 2) untuk meningkatkan daya ingat anak pada tingkat C terhadap gerak tari melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian tindakan dengan desain penelitian Kemmis Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dengan teknik triangulasi data,triangulasi teknik, triangulasi sumber, tahap analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada sepuluh anak yang berusia 10-18 tahun disalah satu sanggar yang berada di Jakarta Barat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan daya ingat anak terhadap gerak tari dapat dilihat pada nilai rata-rata pra siklus 50,87,siklus I sebesar 86,25, dan siklus II sebesar100, Penelitian selanjutnya dapat menggali daya ingat anak dengan menciptakan suasana pelatihan yang menyenangkan dengan tari kreasi daerah untuk menggali potensi anak serta mengembangkan budaya daerah denganpenerapan model pelatihan lainnya. ********************************************************** Memory is an important part of the training process because memory is indispensable for understanding dance material. Model Numbered Head Together (NHT) in training in dance studios can improve the memory of teenage children. This study aims to 1) know the process of learning the Numbered Head Together (NHT) model to improve children's memory of dance moves at C-level dance training in Sanggar Ratih Ayu. 2) This study aims to improve children's memory at a C-level to dance moves through the Numbered Head Together (NHT) learning model. The research method used uses action research with Kemmis McTaggart's research design. Data collection techniques using observations, interviews, documentation. Qualitative data analysis techniques using data triangulation techniques, triangulation techniques, triangulation of source stages of quantitative data analysis using, descriptive statistics. The study was conducted on ten children aged 10–18 in one of the restaurants located in West Jakarta. The results of this study show that the child's increased memory of dance moves can be seen in pre-cycle values of 50.87, cycle I of 86.25, and cycle II of 100, subsequent studies can excavate the child's memory by creating a pleasant training atmosphere with regional creation dance.The goal is to develop children's potential as well as to develop regional culture with the application of other training models.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Elindra Yetti M.Pd. ; 2). Dra. Kartika Mutiara Sari, M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Oct 2024 05:44
Last Modified: 04 Oct 2024 05:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51255

Actions (login required)

View Item View Item