SOFIA ANNISA ZEIR, . (2022) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA VIDEO KANAL YOUTUBE CNN INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (723kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (248kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text
BAB IV-4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Flipped Classroom dengan media video kanal YouTube CNN Indonesia terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 4 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (lillefors), diperoleh Lo= 0115< Ltabel = 0.161 pada pretest kelas eksperimen, Lo=0.113< Ltabel = 0.161 dengan taraf signifikasi α=0.05 pada posttest kelas eksperimen. Pada pretest kelas kontrol diperoleh hasil Lo= 0.151< Ltabel = 0.161, sedangkan posttest kelas kontrol Lo= 0.158< Ltabel = 0.161, maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas (Uji Fisher) diperoleh Fhitung = 1,612 dan Ftabel = sebesar 1.861, diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, maka data memiliki varians homogen dengan taraf signifikasi α=0.05. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung= 3.344 > ttabel= 1.980 hasil interpolasi dengan taraf signifikasi α=0.05. Dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Pada hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model Flipped Classroom dengan media video kanal YouTube CNN Indonesia berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMPN 4 Jakarta. Pada tahap penilaian terdapat sembilan aspek penilaian. Struktur penggambaran kejadian memiliki kenaikan yang tertinggi dari aspek lain. Berdasarkan hasil di atas, model Flipped Classroom dengan media video kanal YouTube CNN Indonesia dapat dijadikan sebagai media yang baik untuk pembelajaran teks eksplanasi. Selain itu, dapat diimplementasikan untuk materi pembelajaran teks eksposisi. ********************************************************** This study aims to determine the effect of the Flipped Classroom Model with CNN Indonesia YouTube channel video on the ability to write explanation texts for class VIII SMPN 4 Jakarta. This study uses an experimental method with a research design of Pretest-Posttest Control Group Design. The prerequisite test for data analysis was carried out with the normality test (Lillefors), obtained Lo = 0.115 < Ltable = 0.161 in the experimental class pretest, Lo = 0.113 < Ltable = 0.161 with a significance level = 0.05 in the experimental class posttest. In the control class pretest, the results obtained Lo = 0.151 <Ltable = 0.161, while the control class posttest Lo = 0.158 < Ltable = 0.161, then the data is declared to be normally distributed. The results of the homogeneity test (Fisher's test) obtained Fcount = 1.612 and Ftable = 1.861, it was found that Fcount < Ftable, then the data had a homogeneous variance with a significance level = 0.05. The results of data analysis with t-test obtained tcount = 3.344 > ttable = 1.980 interpolation results with significance level = 0.05. It can be stated that Ho is rejected and H1 is accepted. The results of this study indicate that the use of the Flipped Classroom model with CNN Indonesia YouTube channel video has an effect on the ability to write explanation texts in class VIII SMPN 4 Jakarta. on the aspects contained in these aspects. The structure of describing events has the highest increase from other aspects. Based on the results above, the Flipped Classroom model with CNN Indonesia YouTube channel video media can be used as a good medium for learning explanation text. In addition, it can be implemented for exposition text learning materials.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Edi Puryanto, M.Pd. ; 2). Reni Oktaviani, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Oct 2024 23:46 |
Last Modified: | 06 Oct 2024 23:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51286 |
Actions (login required)
View Item |