PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 85 JAKARTA TAHUN 2011/2012 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) (Sebuah Penelitian Kaji Tindak)

Judied Paramita, . (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 85 JAKARTA TAHUN 2011/2012 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) (Sebuah Penelitian Kaji Tindak). Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
RESUME.pdf

Download (170kB)

Abstract

Judied Paramita. 2012. Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Prancis Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 85 Jakarta Tahun 2011/2012 melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams-Games-Tournament), Sebuah Penelitian Kaji Tindak. Skripsi: Jakarta: Jurusan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Prancis siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 85 Jakarta tahun ajaran 2011/2012 melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament). Penelitian ini berlangsung dari bulan Oktober s. d Desember 2011 di kelas XI IPA 1 SMA N 85 Jakarta. Penelitian ini dibagi dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan observasi untuk mengetahui masalah dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan siswa dan guru, masalah yang teridentifikasi pada siklus ini adalah partisipasi siswa yang rendah, dominasi siswa tertentu, kurangnya minat siswa belajar bahasa Prancis, sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar mereka. Dari hasil pre-test, nilai rata-rata siswa adalah 51,03. Pada siklus ini dilakukan empat tahap tindakan sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, yaitu pengajaran, belajar tim, turnamen dan rekognisi tim. Di akhir siklus I, siswa diberikan post-test. Nilai rata-rata kelas yang didapat dari post-test 1 ini adalah 66,01. Penelitian siklus kedua didasarkan pada beberapa kekurangan hasil tindakan di siklus pertama. Metode yang digunakan di siklus ini sama seperti pada siklus pertama. Setelah siklus kedua, siswa diberikan post-test 2. Nilai rata-rata kelas yang didapat pada post-test ini adalah 80,39. Dari hasil post-test ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT prestasi belajar bahasa Prancis siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 85 Jakarta meningkat. Kata kunci: prestasi belajar, bahasa Prancis, pembelajaran kooperatif, TGT

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 23 Oct 2019 12:24
Last Modified: 23 Oct 2019 12:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item