INDIRA NURAINI, . (2022) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING DI PAUD PADA MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (407kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengelolaan pembelajaran daring di PAUD pada masa pandemic COVID19 di Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan dari tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hingga evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan 48 responden dari guru yang melaksanakan pembelajaran daring di Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang dibuat dalam bentuk google form. Teknik analisa data yang digunakan ialah teknik statistik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar guru yang melaksanakan pembelajaran daring di Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan telah melaksanakan pengelolaan pembelajaran secara baik, dilihat dari hasil pengolahan data yang menunjukkan pada kategori “baik”. Guru PAUD sebagai fasilitator pembelajaran anak, telah mengelola pembelajaran daring sedemikian mungkin sehingga pembelajaran tetap dilakukan. Guru telah merancang pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pandemi, juga metode untuk pembelajaran daring yang telah guru kembangkan. Pada penelitian ini, pengelolaan pembelajaran tidak hanya tentang pengetahuan mengenai pengelolaan pembelajaran, tetapi mampu untuk menyikapi dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan dalam pembelajaran sehari-hari. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan informasi sehingga guru dapat memahami bahwa pengelolaan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, khususnya dalam pembelajaran daring sehingga meminimalisir perbedaan yang dirasakan anak saat melakukan pembelajaran luring dan daring. **************************************************** This study aims to obtain empirical data on the management of online learning in kindergarten during the COVID-19 pandemic in Pondok Aren District, South Tangerang from the learning planning stage, learning implementation, to evaluation and follow-up learning. The method used is a survey method using 48 respondents from teachers who carry out online learning in Pondok Aren District, South Tangerang. Data collection was carried out using a questionnaire made in the form of a google form. The data analysis technique used is descriptive quantitative statistical techniques. This study found that most of the teachers who carried out online learning in Pondok Aren District, South Tangerang had implemented learning management well, seen from the results of data processing which showed the "good" category. Kindergarten teachers as children's learning facilitators are managing online learning in such a way that learning continues. Teachers has designed lessons that are suitable for pandemic conditions, as well as methods for online learning that teachers has develop. In this study, learning management is not only about knowledge about learning management, but also being able to address and apply the knowledge gained in everyday learning. The results of this study are expected to be used as information so that teachers can understand that learning management is very important, especially in online learning so as to minimize the differences felt by children when doing offline and online learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd. ; 2). Dr. Nurjannah, SP., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 05:30 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 05:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51441 |
Actions (login required)
View Item |