RAFIQA KHAIRIR RAHMAH, . (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBUKA DAN INKUIRI TERBIMBING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (810kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (266kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
Abstract
Hasil belajar yang baik diperlukan untuk menghadapi tantangan di revolusi industri. Hal ini dapat ditingkatkan melalui metode ilmiah, salah satunya dengan pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar peserta didik pada materi jamur menggunakan model pembelajaran inkuiri terbuka dan inkuiri terbimbing. Peserta didik inkuiri terbuka melakukan inkuiri melalui rencana penelitian yang disusun sendiri. Peserta didik inkuiri terbimbing melakukan inkuiri melalui lembar kerja yang telah disiapkan guru. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Klirong, Kebumen pada tahun ajaran 2018/2019 Kelas X. Metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan pre-postest. Sampel yang digunakan sebanyak 36 menggunakan model pembelajaran inkuiri terbuka, dan 36 menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Analisis uji prasyarat tes menggunakan Liliefors untuk normalitas dan uji F untuk homogenitas tes. Analisis uji hipotesis menggunakan t. Hasil uji t pada α 0,05 menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,169< t tabel. Sehingga terdapat tidak terdapat perbedaan hasil belajar secara kognitif antara model pembelajaran inkuiri terbuka dan inkuiri terbimbing. Good learning outcomes are needed to face challenges in the industrial revolution. This can be improved through scientific methods, which one is inquiry learning. The aim to compare learning outcomes between open inquiry learning models and guided inquiry. Open inquiry learning through their research plan. Guided inquiry learning, through worksheets that prepared by the teacher. This research was conducted at SMA Negeri 1 Klirong, Kebumen academic year 2018/2019 grade X. The method used was quasi-experimental pre-posttest. The sample used was 72 students using an open inquiry learning model, guided inquiry learning model and conventional. The Pre-analysis test uses Liliefors for normality and F test for homogeneity test. Analysis of hypothesis testing using t-test. The results of the t-test at α 0.05 is 0.169<t table. The results of the t-test are not significant, which means there is no difference in learning outcomes between open inquiry and guided inquiry.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si. 2). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Sains > Ilmu Bumi Sains > Ilmu Bumi > Biologi Sains > Mikro Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1000 not found. |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 21:26 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 21:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5159 |
Actions (login required)
View Item |