Pengggunaan Media Papan Ulat Kata Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang di Tingkat Sekolah Menengah Atas

ANISA SYIFA FAUZIAH, . (2020) Pengggunaan Media Papan Ulat Kata Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER OK.pdf

Download (769kB)
[img] Text
KOMPRE BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
KOMPRE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
KOMPRE BAB III.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Anisa Syifa Fauziah. 2020. Penggunaan Media Papan Ulat Kata Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Makalah Komprehensif. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media papan ulat kata dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang dan tanggapan siswa terhadap media papan ulat kata. Hal ini berdasarkan latar belakang fakta bahwa kosakata merupakan termasuk hal yang sulit dihafalkan, karena kosakata-kosakata bahasa Jepang merupakan kosakata yang sangatlah baru didengar di SMA Negeri 2 Bekasi. Pengumpulan data yang dilakukan untuk penulisan makalah ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan data dari buku, artikel, jurnal, website, dan kuesioner tanggapan. Penelitian ini membahas tentang penggunaan media papan ulat kata yang digunakan pada pembelajaran kosakata di tingkat SMA. Papan ulat kata adalah sebuah media berbentuk papan yang terdapat gambar ulat yang memiliki bulatan di badannya yang dapat disusun huruf sehingga menjadi sebuah kosakata. Penggunaan media ini mencakup kelompok kecil yang berbentuk melingkari meja, dimana siswa bekerja sama dalam menentukan kosakata dan gambar yang sesuai, kemudian gambar dan huruf yang telah sesuai, di tempel di papan yang sudah sesuai tempatnya. Lalu, huruf hiragana diletakkan dibadan ulat dan gambar diletakkan di kotak diatas ulat di papan tersebut. Siswa saling bergantian menyesuaikan gambar dan kosakata pada bahasa jepang yang telah disediakan oleh guru. Kemudian siswa diberikan kuesioner tanggapan tentang media papan ulat kata yang telah digunakan pada pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bagaimana cara penggunaan media papan ulat kata dan mendapatkan tanggapanyang positif dari siswa bahwa media ini dapat diterima siswa sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang di tingkat Sekolah Menengah Atas. Dengan media ini siswa diintensikan dapat belajar dengan mudah kosakata bahasa Jepang. Kata Kunci: media papan ulat kata, kosakata, bahasa Jepang. ABSTRACT Anisa Syifa Fauziah. 2020. The Use of Caterpillar Board Media in Japanese Vocabulary Learning at High School Level. Comprehensive Paper. Japanese Language Education Study Program, Faculty of Language and Art, Jakarta State University. This study aims to determine the use of the word caterpillar board media in Japanese vocabulary learning and student responses to the word caterpillar board media. This is based on the background of the fact that vocabulary is a difficult thing to memorize, because Japanese vocabulary is a vocabulary that has only been heard at SMA Negeri 2 Bekasi. Data collection was carried out for the writing of this paper using the literature study method by collecting data from books, articles, journals, websites, and questionnaire responses. This study discusses the use of the word caterpillar board media used in vocabulary learning at the high school level. The word caterpillar board is a board-shaped media that has a picture of a caterpillar that has a sphere on its body that can be arranged letters into a vocabulary. The use of this media includes small groups in the form of a circle around the table, where students work together in determining the appropriate vocabulary and drawings, then drawings and letters that have been matched, posted on a board that is in place. Then, hiragana letters are placed in the body of the caterpillar and the picture is placed in the box above the caterpillar on the board. Students take turns adjusting the pictures and vocabulary in Japanese provided by the teacher. Then the students were given questionnaire responses about the media of caterpillar word boards that have been used in learning. The conclusion of this study explains how to use the word caterpillar board media and get a positive response from students that this media can be accepted by students as Japanese vocabulary learning media at the High School level. With this media, students are intensified to be able to easily learn Japanese vocabulary. Keywords: caterpillar board media, vocabulary, Japanese

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Cut Erra Rismorlita, M.Si
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 1686 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 15:51
Last Modified: 03 Mar 2020 15:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5177

Actions (login required)

View Item View Item