PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP DAN KECERDASAN EKOLOGI TERHADAP PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM MANGROVE MATA PELAJARAN IPAS

MILER ILELA, . (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP DAN KECERDASAN EKOLOGI TERHADAP PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM MANGROVE MATA PELAJARAN IPAS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran field trip dan kecerdasan ekologi terhadap perilaku peduli lingkungan siswa Kelas X pada materi ekosistem mangrove mata pelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus tahun 2023 dengan populasi siswa Kelas X SMA Tunas Markatin Jakarta Timur. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 60 siswa, yang teridiri dari 30 siswa Kelas X MPLB sebagai Kelas eksperimen dan 30 siswa Kelas AKL sebagai Kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data berupa perilaku siswa, dan tes untuk mendapatkan data kecerdasan ekologi. Validitas instrumen diuji menggunakan teknik validitas butir dengan rumus pearson product moment. Realibilitas instrumen diuji dengan Alpha Cronbach. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) perilaku peduli lingkungan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran field trip lebih baik dibandingkan metode pembelajaran ceramah; (ii) perilaku peduli lingkungan siswa pada klasifikasi kecerdasan ekologi tinggi lebih baik dibandingkan siswa dengan kecerdasan ekologi rendah; (iii) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan kecerdasan ekologi; (iv) perilaku peduli lingkungan siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran field trip dengan kecerdasan ekologi tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran ceramah dengan kecerdasan ekologi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran field trip dan kecerdasan ekologi terhadap perilaku peduli lingkungan siswa Kelas X pada materi ekosistem mangrove mata pelajaran IPAS; Perilaku peduli lingkungan siswa dengan kecerdasan ekologi tinggi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran field trip hasilnya lebih baik dibandingkan menggunakan metode pembelajaran ceramah. Kata Kunci : Metode pembelajaran field trip; kecerdasan ekologi; perilaku peduli lingkungan. ********** This study aims to determine effect of the field trip learning method and ecological intelligence on the environmental care behavior of class X students in the matter of mangrove ecosystem in IPAS subjects. The research method used is an experimental method with a 2 x 2 factorial design. This research was conducted from July to August 20203 with a population of class X SMA Tunas Markatin, East Jakarta. The research sample was obtained as many as 60 students, which consisted of 30 students in class X MPLB as the experimental class and 30 students in AKL class as the control class. Data collection techniques were carried out using questionnaires to obtain data in the form of student behavior, and test to obtain ecological intelligence data. The validity of the instrument was tested using the item validity technique with the pearson product moment formula. Instrument reliability was tested with Alpha Cronboach. The data analysis technique used is the t test with a significance level of 5%. The research result show that: (i) the environmental care behavior of the students who are taught using the field trip learning method is better than the lecture learning method; (ii) environmental care behavior of students in the classification of high ecological intelligence is better than students with low ecological intelligence; (iii) there is an interaction effect between learning methods and ecological intelligence; (iv) the environmental care behavior of students who were taught using the field trip learning method with high ecological intelligence was better than students who were taught using the lecture learning method with high ecological intelligence. Based on the result of this study, it was concluded that there was an influence of the field trip learning method and ecological intelligence on the environmental care behavior of class X students in the mangrove ecosystem material in the IPAS subject; The environmental care behavior of students with high ecological intelligence who are taught using the field trip learning method has better results than using the lecture learning method.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Agung Purwanto, M.Si. ; 2). Prof.Dr. Henita Rahmayanti, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Mikro Biologi > Ekologi
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Lingkungan
Depositing User: Miler Ilela .
Date Deposited: 08 Nov 2024 01:27
Last Modified: 08 Nov 2024 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51990

Actions (login required)

View Item View Item