RANI AMELIA PUTRI, . (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PYTHAGORAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (259kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik pada materi Pythagoras. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Langkah pertama yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan utama penelitian adalah menganalisis kinerja dan kebutuhan. Langkah kedua adalah dibuatnya rancangan desain berdasarkan hasil analisis kinerja dan kebutuhan. Langkah ketiga adalah dilakukannya pengembangan video pembelajaran yang dilanjutkan dengan uji validitas oleh pakar materi dan bahasa serta pakar media. Langkah keempat adalah dilakukannya uji coba terhadap kelompok besar dan kelompok kecil oleh guru serta murid SMPN 76 Jakarta. Langkah terakhir adalah dilakukannya evaluasi berdasarkan hasil uji validitas dan percobaan. Berlandaskan penelitian dan pengembangan ini, segenap pakar materi serta bahasa melaporkan bahwa video pembelajaran telah mencapai persentase setinggi kelayakan sebesar 86,29%, serta oleh ahli media sebesar 87,36%. Ketika dilaksanakan tes kelompok kecil, guru-guru menyatakan bahwa persentase kelayakan hasil evaluasi adalah sebesar 85,58%, dan oleh siswa sebesar 95,42%. Sedangkan ketika dilaksanakan tes kelompok besar, guru-guru menyatakan bahwa persentase kelayakan hasil evaluasi adalah sebesar 89,88%, dan oleh siswa sebesar 90,77%. Oleh karena itu, video pembelajaran matematika SMP yang dibuat dengan menggunakan pendekatan matematika pada materi Pythagoras dapat dikatakan mencapai persentase setinggi kelayakan sebesar 89,22% secara keseluruhan yang berkategori sangat layak. ****************************************** This research aims to develop a mathematics learning video with a realistic mathematical approach on the Pythagorean material. This research and development used the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. The first step is to analyze performance and needs. The second step is to make a design plan according to the results of the performance and the analysis of needs. The third step is the development of the learning video, which is followed by a validity test by material & language experts and media experts. The fourth step is small group tested and large group tested by teachers and students of SMPN 76 Jakarta. The last step the researcher conducts an evaluation based on the results of the validity and trial test. Based on this research and development, many material and language experts reported that the learning video had obtained an eligibility percentage of 86.29%, and 87.36% by media experts. When the small group test was carried out, the teachers stated that the percentage of the feasibility of the evaluation results was 85.58%, and by students was 95.42%. Meanwhile, when the large group test was carried out, the teachers stated that the percentage of the feasibility of the evaluation results was 89.88%, and by students was 90.77%. Therefore, the junior high school mathematics learning video made using a mathematical approach to the Pythagorean material can be said to have obtained a feasibility percentage of 89.22% overall which is categorized as very feasible.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Tri Murdiyanto, M.Si. ; 2). Dr. Flavia Aurelia Hidajat, M.Pd. |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 01:45 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 01:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52111 |
Actions (login required)
View Item |