AGUSTRINA PRISCILLA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA “PAPATU (PAPAN PAKAI SEPATU)” UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN MEMAKAI SEPATU PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (800kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (123kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran yang diberi nama PAPATU (Papan Pakai Sepatu) untuk menstimulasi keterampilan memakai sepatu anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Responden dalam penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media sebagai validator dan sembilan orang anak usia 3-4 tahun. Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan ahli materi dan ahli media , media PAPATU memperoleh persentase sebesar 88,6% dan 92,3% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba pada sembilan anak usia 3-4 tahun, rata-rata keterampilan memakai sepatu dari kesembilan anak memperoleh persentase sebesar 77,6 %. Pada penelitian ini didapati, anak usia 3-4 tahun dapat terampil dalam melakukan kegiatan memakai sepatu melalui stimulasi dengan menggunakan media PAPATU. Berdasarkan ketiga hasil penilaian yang telah dipaparkan, dapat dikatakan bahwa produk media PAPATU sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk menstimulasi keterampilan memakai sepatu anak usai 3-4 tahun. ********* This development research aimed to create a learning media product titled PAPATU (Papan Pakai Sepatu) to enhance the shoe-wearing skills of children aged 3-4 years. The study employed a research and development methodology based on the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The respondents involved in this research included subject matter experts and media specialists serving as validators, along with nine children in the 3-4 year age group. Based on the evaluations provided by content experts and media specialists, the PAPATU media attains percentages of 88.6% and 92.3%, which indicate that it is deemed highly suitable. The trial results involving nine children aged 3-4 years reveal an average skill level in wearing shoes of 77.6%. This study establishes that children aged 3-4 years can effectively develop their shoe-wearing skills through stimulation utilizing the PAPATU media. In light of the three assessment results presented, it can be concluded that the PAPATU media product is highly appropriate for use as a learning tool to enhance shoe-wearing skills in children aged 3-4 years.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd. ; 2). Dra. Winda Gunarti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Agustrina Priscilla . |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 07:56 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 07:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52192 |
Actions (login required)
View Item |