RINI AGUSTINI, . (2024) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INQUIRY DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK ANAK USIS 5 - 6 TAHUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (818kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (445kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
|
Text
LAMPIRAN-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Anak usia dini merupakan periode kritis dalam setiap tahapan perkembangannya, sehingga penting bagi guru untuk membantu menumbuhkan pemikiran kritis dan rasa ingin tahu anak dalam lingkungan pendidikan. Penelitian ini berfokus pada pengembangan pembelajaran sains berbasis inquiry dalam kerangka Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengoptimalkan perkembangan anak tersebut. Model penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan prosedur ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh lembaga Raudhatul Athfal di Kecamatan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan, dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 32 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, survey angket, dan pencatatan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri secara signifikan terbukti efektif meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran sains yang berdampak terhadap peningkatan rasa ingin tahu, antusiasme, dan pemahaman konsep ilmiah anak. Ujicoba yang dilakukan kepada guru mengalami peningkatan dengan skor pre-tes 49,00% menjadi 83,57% pada uji coba kelompok kecil dan dari 46,34% menjadi 83,14% pada uji coba kelompok besar (uji lapangan). Uji efektitifitas dengan menggunakan paired sample test diperoleh nilai signifikansi (p-value) 0.000 < 0.05 yang menunjukkan bahwa terjadi perubahan yang signifikan secara statistik antara hasil pre-test dan post-test. Studi ini mengarah pada rekomendasi untuk mempraktikkan pembelajaran sains berbasis inquiry yang sejalan dengan tujuan Kurikulum Merdeka, yaitu mendorong pembelajaran aktif dan pertumbuhan kognitif pada pendidikan anak usia 5 – 6 tahun. ********* Early childhood is a critical period in every stage of development, so teachers need to help foster children's critical thinking and curiosity in the educational environment. This research focuses on developing inquiry-based science learning within the Independent Curriculum framework to improve teachers' abilities to optimize children's development. This research model uses a Research and Development (R&D) approach with ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation) procedures using qualitative and quantitative descriptive data analysis. The population in this study were all Raudhatul Athfal institutions in Jagakarsa District, South Jakarta City, with a sample of 32 respondents using a purposive sampling technique. Data was collected through observation, interviews, questionnaire surveys, and documentation recording. The results of the research show that inquiry-based learning has proven to be significantly effective in increasing teachers' abilities in implementing science learning which has an impact on growing children's curiosity, enthusiasm, and understanding of scientific concepts. Tests conducted on teachers experienced an increase with pre-test scores from 49.00% to 83.57% in small group trials and from 46.34% to 83.14% in large group trials (field tests). The effectiveness test using a paired sample test obtained a significance value (p-value) of 0.000 < 0.05, which indicates that there was a statistically significant change between the pre-test and post-test results. This study leads to recommendations for practicing inquiry-based science learning which is in line with the objectives of the Merdeka Curriculum, namely encouraging active learning and cognitive growth in the education of children aged 5 - 6 years
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Sri Martini Meilanie, M.Pd. ; 2). Dr.Phil. Sri Indah Pujiastuti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 25884 not found. |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 01:21 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 01:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52304 |
Actions (login required)
View Item |