IQMATUL PRATIWI, . (2024) PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GURU DI SDN MANGGARAI 01 JAKARTA SELATAN TAHUN 2024. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
FILE COVER.pdf Download (975kB) |
|
Text
FILE BAB I.pdf Download (269kB) |
|
Text
FILE BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text
FILE BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text
FILE BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
FILE BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text
FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
Text
FILE LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dalam pemanfaatan akun belajar.id melalui Google Workspace for Education (Gmail, Google Classroom, Google Meet, Google Docs, Google Sheets, Google Form, dan Google Drive), Platform Merdeka Mengajar (pengembangan diri, mengajar, dan inspirasi), Canva for Education (Costume Design), Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB) (Diklat GTK, PPG, Uji Kompetensi, Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, Organisasi Penggerak, Diklat Pembibing Khusus, Upskilling dan Reskilling Guru, Diklat Penguatan Kepala Sekolah, dan Diklat Calon Pengawas). Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan kasus yang terjadi di SDN Manggarai 01 dalam pemanfaatan akun belajar.id dengan langkah-langkah sebagai berikut, melakukan grand tour, menyusun proposal, melakukan penelitian lapangan, mengolah data, dan melaporkan hasil penelitian yang disesuaikan dengan panduan penelitian yaitu tabel panduan observasi, tabel panduan wawancara, dan tabel panduan dokumentasi. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SDN Manggarai 01 memiliki peran aktif dalam memanfaatkan akun belajar.id dan dapat menunjang keberhasilan dalam literasi digital guru. Hal ini dibuktikan adanya keterlibatan semua unsur pendidikan dalam memanfaatkan akun belajar.id. Karena peserta didik di SDN Manggarai 01 merasakan dampak dalam penggunaan teknologi bersama guru. Di SDN Manggarai 01 platform – platform sangat dimanfaatkan dengan menggunakan platform tersebut dalam proses pembelajaran setiap harinya. Platform Workspace for Education didalamnya terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk berdiskusi, memberikan komentar, mengerjakan tugas, dan sharing dokumen tanpa khawatir tempat penyimpanan. PMM yang digunakan sebagai tempat pengembangan diri, mengajar, dan inspirasi – inpirasi yang setiap saat dipantau oleh kepala sekolah. SIMPKB yang digunakan untuk mencari informasi tentang pengembangan diri. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang berupa, (1) Perencanaan dalam pemanfaatan akun belajar.id dilakukan dengan menentukan sasaran dan merancang rencana. (2) Pengorganisasian dengan tahapan penentuan, pengelompokan, dan penyusunan kegiatan. (3) Pelaksanaan akun belajar.id di SDN Manggarai 01 dimanfaatkan oleh para guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga sesuai dengan permendikbudristek dalam pemanfaatan akun belajar.id untuk menciptakan pembelajaran deferensiasi, pelajaran berbasis projek, dan digitalisasi sekolah. (4) Evaluasi pemanfaatan akun belajar.id dengan melakukan penilaian dan perbaikan.*****This study aims to describe the utilization belajar.id accounts through Google Workspace for Education (Gmail, Google Classroom, Google Meet, Google Docs, Google Sheets, Google Form, and Google Drive), Merdeka Mengajar Platform (self-development, teaching, and inspiration). Canva for Education (Costume Design), Continuing Professional Development Management Information System (SIMPKB) (GTK Training, PPG, Competency Test, Leading Teachers, Leading Schools, Leading Organizations, Special Mentoring Training, Teacher Upskilling and Reskilling, Principal Strengthening Training, and Prospective Supervisor Training). Therefore, it is necessary to study further to see the use of the belajar.id account in improving teachers' digital literacy at SDN Manggarai 01, South Jakarta. This study uses a qualitative approach to describe the case at SDN Manggarai 01 utilizing the belajar.id account with the following steps, conducting a grand tour, compiling a proposal, conducting field research, processing data, and reporting research results adjusted to the researcher's guidelines, namely the observation guide table, interview guide table, and documentation guide table. Thus, the results of this study indicate that SDN Manggarai 01 has an active role in utilizing the belajar.id account and can support the success of teacher digital literacy. This is evidenced by the involvement of all elements of education using the belajar.id account. Because students at SDN Manggarai 01 feel the impact of using technology with teachers. At Manggarai 01, the use of platform is very broad by using platform in the daily learning process. The Workspace for Education Platform contains several applications that can be used to discuss, provide comments, do assignments, and share documents without worrying about storage space. PMM is a place for self-development, teaching, and inspiration - the principal always monitors inspiration. SIMPKB is used to find information about self-development. The conclusions from this research are as follows: (1) Planning to utilize the belajar.id account by determining targets and designing. (2) Organizing the stages of determining, grouping, and arranging activities. (3) The implementation of the belajar.id account at SDN Manggarai 01 is utilized by teachers and students in the learning process by the Minister of Education and Culture’s Regulation on the utilization of belajar.id account to create differentiated learning, project-based lessons, and school digitalization. (4) Evaluate the use of the belajar.id account by conducting assessments and improvements.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd 2). Dr. Ir. Teguh Trianung Djoko Susanto, M.M |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 25886 not found. |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 07:02 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 07:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52320 |
Actions (login required)
View Item |