MELDA RUMIA ROSMERY SIMORANGKIR, . (2025) EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH PENGGERAK DI KAB. KUNINGAN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover water.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bab I Water_compressed.pdf Download (388kB) |
|
Text
Bab II Water_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text
Bab III Water.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
Text
Bab IV Water.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V Water.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Daftar Pustaka Water_compressed.pdf Download (202kB) |
|
Text
Lampiran dan Riwayat Water.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Gerakan Literasi di Sekolah Penggerak di Kabupaten Kuningan, dengan menitikberatkan pada efektivitas pelaksanaan program serta dampaknya terhadap pembentukan karakter dan perilaku siswa. Penelitian evaluatif ini menggunakan model CIPP dan Kirkpatrick dengan metode exploratory sequential design, yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan lokasi penelitian di SMP Penggerak yang berada di Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi telah berjalan dengan baik, dengan Tim Literasi Sekolah yang memahami tujuan dan indikator keberhasilan. Aktivitas literasi seperti klub literasi dan lomba membaca telah meningkatkan keterampilan literasi siswa. Infrastruktur sekolah cukup memadai, meskipun dukungan dana dari pemerintah daerah masih terbatas. Program ini perlu dirancang lebih komprehensif dengan fokus pada pengembangan kebiasaan membaca siswa. Temuan lainnya menunjukkan adanya penurunan signifikan pada indikator toleransi agama dan budaya antara tahun 2022 dan 2023, dengan nilai p = 0,008. Sementara itu, indikator lainnya tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Analisis jalur menunjukkan bahwa variabel X1, X2, dan X3 memiliki pengaruh signifikan terhadap karakter dan perilaku siswa, namun pengaruh melalui mediator iklim keamanan sekolah tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan pentingnya hubungan sosial yang baik antar siswa dan guru dalam membentuk karakter siswa. ***** This study aims to evaluate the Literacy Movement Programin SekolahPenggerak in Kuningan Regency, focusing on the program's implementationef ectiveness and its impact on shaping students' character and behavior. Thisevaluative research applies the CIPP and Kirkpatrick models, usinganexploratory sequential design that combines quantitative and qualitativeapproaches. The sampling technique employed is purposive sampling, withtheresearch conducted at Sekolah Penggerak junior high schools in KuninganRegency. The research findings indicate that the literacy programhas beenwell-implemented, with the School Literacy Team understanding the goals andsuccess indicators. Literacy activities such as literacy clubs and readingcompetitions have improved students' literacy skills. The school's infrastructureissuf iciently adequate, although financial support from the local government remains limited. The program needs to be designed more comprehensively, focusing on fostering students' reading habits. Other findings reveal a significant decline in the indicators of religious and cultural tolerance between 2022and2023, with a p-value of 0.008. Meanwhile, other indicators did not showsignificant dif erences. Path analysis shows that variables X1, X2, and X3 haveasignificant influence on students' character and behavior, although the influencethrough the mediator variable of school safety climate is not significant. Thesefindings underscore the importance of positive social relationships betweenstudents and teachers in shaping students' character.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd 2). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Melda Rumia Rosmery Simorangkir . |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:21 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52345 |
Actions (login required)
View Item |