HUBUNGAN SUPERVISI PENGAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KUTAWALUYA KABUPATEN KARAWANG

FARRAH KAMILA, . (2024) HUBUNGAN SUPERVISI PENGAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KUTAWALUYA KABUPATEN KARAWANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara supervisi pengajaran kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru di SD se-Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling insidental (kebetulan) dimana penulis hanya mengambil sampel dari sekolah-sekolah yang mengizinkan untuk melaksanakan penelitian, yaitu dari 11 SD se-Kecamatan Kutawaluya. Untuk jumlah sampel yang digunakan penulis memutuskan untuk mengambil total sampling guru dari setiap SD yang menjadi tempat penelitian sebanyak 82 guru. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik penyebaran angket dengan menggunakan skala likert. Setelah data terkumpul, data dianalisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik analisis korelasi sederhana dan diperoleh nilai koefisien korelasi bernilai positif dari variabel supervisi pengajaran kepala sekolah dan variabel kinerja mengajar guru sebesar 0,800 dengan sig. 0,000. Dalam uji parsial (uji T) diperoleh hasil nilai Thitung 11,920 > Ttabel 1,990 dengan nilai sig. 0,000. Pada hasil koefisien determinasi diperoleh besar keeratan hubungan antara supervisi pengajaran kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru sebesar 64%. Dengan hasil perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara supervisi pengajaran kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru di SD se-kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang sebesar 64%. Kata Kunci: Supervisi Pengajaran, Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar Guru ***** This study aims to determine whether there is a positive and significant relationship between principals' teaching supervision and teacher's teaching performance in elementary schools at Kutawaluya sub-district, Karawang district. This study uses a quantitative approach with a correlational type of research. Sampling was carried out using incidental sampling techniques (coincidence) where the author only took samples from schools that allowed to carry out research, namely from 11 elementary schools in Kutawaluya District. For the number of samples used, the author decided to take a total sampling of teachers from each elementary school that became the research site as many as 82 teachers. Data collection was carried out through questionnaire distribution techniques using a Likert scale. After the data were collected, the data were analyzed to test the hypothesis using simple correlation analysis techniques and obtained a positive correlation coefficient value of the principal's teaching supervision variable and the teacher's teaching performance variable of 0,800 with sig. 0,000. In the partial test (T test), the results of the Thitung value of 11,920 > Ttabel 1,990 with a sig value. 0,000. In the results of the coefficient of determination, it is obtained that the relationship between the principal's teaching supervision and teacher teaching performance is 64%. With these results, it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the principal's teaching supervision and the teaching performance of teachers in elementary schools in Kutawaluya District, Karawang Regency by 64%. Keywords: Teaching Supervision, Principal, Teacher’s Teaching Performance

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Heru Santosa, M.Pd. ; 2). Muhammad Fadholi, S.T.Par.,M.M.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Farrah Kamila .
Date Deposited: 21 Jan 2025 03:43
Last Modified: 21 Jan 2025 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52357

Actions (login required)

View Item View Item