UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X-E1 SMAN 33 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE CAROUSEL BRAINSTORMING

ALFINA AULIANA PUTRI, . (2024) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X-E1 SMAN 33 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE CAROUSEL BRAINSTORMING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (777kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah melalui pendekatan pembelajaran kooperatif metode Carousel Brainstorming. Penelitian lapangan dimulai dari bulan Agustus hingga bulan Desember 2023 dilaksanakan di SMA Negeri 33 Jakarta yang dilakukan pada siswa kelas XE-1, berjumlah 36 siswa dengan pertimbangan, bahwa sebelum penelitian ini dilaksanakan, akumulasi persentase hasil motivasi belajar siswa kelas X-E1 berada pada angka 40,16% yang berada pada Tingkat motivasi rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian tindakan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai tenaga pengajar, dengan melibatkan guru pamong sebagai kolaborator. Pada penelitian ini, setiap siklusnya siswa belajar dengan menggunakan metode Carousel Brainstorming. Hasil yang diperoleh, yaitu pada siklus pertama yang dilaksanakan pada 6 Februari 2024, didapatkan rata-rata hasil motivasi belajar siswa berada pada persentase 82,41% yang dikategorikan sebagai motivasi sangat tinggi. Dan pada siklus kedua yang dilaksanakan pada 13 Februari 2024, didapatkan rata-rata hasil motivasi belajar siswa berada pada persentase 82,48% yang dikategorikan sebagai motivasi sangat tinggi. Penelitian ini dicukupkan pada siklus kedua karena rata-rata motivasi belajar Sejarah siswa berada pada kategori motivasi sangat tinggi. Berdasarkan perolehan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah siswa kelas X-E1 di SMA Negeri 33 Jakarta dengan menggunakan metode pembelajaran Carousel Brainstorming telah berhasil. ***** This study aims to increase motivation to learn History through a cooperative learning approach using the Carousel Brainstorming method. Field research started from August to December 2023 and was carried out at SMA Negeri 33 Jakarta on class XE-1 students, totaling 36 students with the consideration that before this study was conducted, the accumulated percentage of learning motivation results of class X-E1 students was at 40.16% which is at a low motivation level. The method used in this study is the Kemmis and Mc. Taggart model action assessment, which is carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. In this study, the researcher as a teaching staff, involving the supervising teacher as a collaborator. In this study, each cycle students learn using the Carousel Brainstorming method. The results obtained, namely in the first cycle which was carried out on February 6, 2024, the average results of student learning motivation were at a percentage of 82.41% which was categorized as very high motivation. And in the second cycle which was carried out on February 13, 2024, the average results of student learning motivation were at a percentage of 82.48% which was categorized as very high motivation. This study was concluded in the second cycle because the average motivation to learn History of students was in the very high motivation category. Based on the data obtained above, it can be concluded that the efforts made to increase the motivation to learn History of class X-E1 students at SMA Negeri 33 Jakarta using the Carousel Brainstorming learning method have been successful.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Djunaidi, M.Hum. ; 2). Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Alfina Auliana Putri .
Date Deposited: 11 Feb 2025 02:12
Last Modified: 11 Feb 2025 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52594

Actions (login required)

View Item View Item