PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MERIYAH UNTUK MENGENALKAN HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK USIA DINI

MUTIARA ZARA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MERIYAH UNTUK MENGENALKAN HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK USIA DINI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER..pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyyah tidak bisa dilakukan secara singkat, perlu menggunakan alat bantu permainan atau media yang menarik dan menyenangkan selama proses belajar, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan bertujuan mengembangkan media permainan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyyah. Pengembangan media MERIYAH dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan. Media ini diberi nama MERIYAH yang berasal dari singkatan mengeksplorasi huruf hijaiyyah. Pengembangan media MERIYAH menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implement, dan evaluate). Uji efektivitas media MERIYAH dilakukan dengan metode eksperimen pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Jumlah respoden pada uji efektivitas media MERIYAH sebanyak 30 anak. Hasil analisis perbedaan total rata-rata dari pretest dan posttest menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyyah sebesar 42%. Kemudian analisis statistik paired sample t-test dihitung dengan aplikasi IBM SPSS Statistik 25 memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga 0,000<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media MERIYAH efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyyah pada anak usia dini. ***** Children's ability to recognize hijaiyyah letters cannot be done briefly; it is necessary to use game aids or media that are interesting and fun during the learning process so as to increase children's learning motivation. The research and development carried out aims to develop game media to improve children's ability to recognize hijaiyyah letters. The development of MERIYAH media was carried out based on a needs analysis. This media is named MERIYAH, which comes from the abbreviation exploring hijaiyyah letters. The development of MERIYAH media uses the ADDIE model (analyze, design, develop, implement, and evaluate). The effectiveness test of MERIYAH media was conducted using a pre-experimental experimental method with a one-group pretest-posttest design. The number of respondents in the MERIYAH media effectiveness test was 30 children. The results of the analysis of the total average difference from the pretest and posttest showed an increase in children's ability to recognize hijaiyyah letters by 42%. Then the paired sample t-test statistical analysis calculated with the IBM SPSS Statistics 25 application obtained a significance value (2-tailed) of 0.000, so that 0.000<0.05. Thus, it can be concluded that the use of MERIYAH media is effectively used to improve children's ability to recognize hijaiyyah letters in early childhood.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr.Sri Wulan,M.Si. ; 2). Prof. Dr. Iva Sarifah,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 26137 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:11
Last Modified: 11 Feb 2025 04:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52614

Actions (login required)

View Item View Item