UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKTIVITAS GERAK BERIRAMA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SDIT AL MUHAJIRIN KOJA

ANGGI MUTIARA TIASTUTI, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKTIVITAS GERAK BERIRAMA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SDIT AL MUHAJIRIN KOJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aktivitas gerak berirama melalui media audio visual pada siswa kelas III SDIT Al Muhajirin Koja. Aspek yang menjadi penilaian ketrampilan gerak adalah pandangan, gerakan lengan, tungkai, badan, dan irama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini menjadi subjek adalah siswa SDIT Al Muhajirin Koja kelas III yang berjumlah 28 orang di bagi menjadi beberapa kelompok, kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan teman sejawat, guru dan juga kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan data dan deskripsi data diperoleh dari kesimpulan : keterampilan gerak berirama dapat dilihat pada persentase rata-rata skala. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan untuk siswa yaitu yang semula kategori sangat baik 0,0% menjadi 39,3%, kategori baik 7,0% menjadi 60,7%, dan kategori kurang 21,5% menjadi 0%, kategori sangat kurang dari 71,5% menjadi 0%. Hasil persentase siklus 1 sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini peneliti dapat mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan audio visual pada materi aktivitas gerak berirama siswa kelas III SDIT Al Muhajirin Koja. ***** This study aims to improve learning outcomes of rhythmic movement activities through audio-visual media for third grade students of SDIT Al Muhajirin Koja. The aspects that become the assessment of movement skills are gaze, arm movements, legs, body, and rhythm. This research is a class action research (PTK). In this study, the subjects were SDIT Al Muhajirin Koja class III students totaling 28 people divided into several groups, male groups and female groups. This research was conducted in collaboration with peers, teachers and also the principal. The research procedure was carried out using a quantitative descriptive approach to obtain data and data description obtained from the conclusion: rhythmic movement skills can be seen in the average percentage of the scale. This shows that there is an increase for students, namely the very good category from 0.0% to 39.3%, the good category from 7.0% to 60.7%, and the less category from 21.5% to 0%, the very less category from 71.5% to 0%. The percentage results of cycle 1 have met the predetermined success criteria. In this case, the researcher can overcome the problem of low student learning outcomes by learning using audio visuals on the material of rhythmic motion activities of grade III SDIT Al Muhajirin Koja students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahmy Fachrezzy, M.Pd. ; 2). Dwi Indra Kurniawan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Anggi Mutiara Tiastuti .
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:09
Last Modified: 11 Feb 2025 04:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52636

Actions (login required)

View Item View Item