MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDI Al Azhar 13 Rawamangun)

SALSABILLA SHAVIRA REGYTA, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDI Al Azhar 13 Rawamangun). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (908kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran kecil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis IPS pada materi kenampakan alam berbantuan card sort pada peserta didik kelas IV. Jenis Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDI Al Azhar 13 Rawamangun di kelas IV dengan 30 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart dengan pelaksanaan II siklus. Data yang dihasilkan pada siklus II, tes kemampuan pada peserta didik memenuhi angka yang diharapkan (>70%) yaitu 86,66%. Siswa yang memiliki nilai 70< x <100 yaitu sebanyak 26 siswa dengan persentase 86,66% dan sisanya 4 siswa mendapatkan nilai dibawah 70 dengan persentase 13,33% dengan jumlah keseluruhan peserta didik sebanyak 30 siswa. Begitu pula dengan pengamatan aktivitas guru dan siswa mendapatkan peningkatan di siklus terakhir dengan nilai 100% dan 90%. Data tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning berbantuan Card Sort dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan kemampuan pemecahan masalah sebagaimana yang telah disampaikan pada hasil analisis bahwa penelitian ini dikatakan berhasil jika pengamatan dan soal tes meningkat diatas 70%. ***** The objective of this research is to investigate the enhancement of problem-solving abilities related to natural phenomena using a card sort approach among fourth-grade students. This study employs the Classroom Action Research (CAR) method and is conducted at SDI Al Azhar Rawamangun with a class of 30 students. The research follows the Kemmis & Mc. Taggart model and consists of two cycles. In the second cycle, the students‟ ability test results exceeded the expected threshold (>70%), reaching 86.66%. Specifically, 26 students scored between 70< x <100, accounting for 86.66%, while the remaining 4 students scored below 70, representing 13.33% of the total student population. Additionally, both teacher and student observations showed improvement in the final cycle, with scores of 100% and 90%, respectively. These findings indicate that Problem-Based Learning with card sorting enhances students‟ critical thinking skills and problem-solving abilities, as evidenced by the analysis results, which consider the study successful if both observations and test scores surpass 70%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Salsabilla Shavira Regyta .
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:57
Last Modified: 14 Feb 2025 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52829

Actions (login required)

View Item View Item