UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMUKUL DALAM PERMAINAN ROUNDERS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BATTING G PADA SISWA KELAS V SDN KAYU PUTIH 03 PAGI PULO GADUNG JAKARTA TIMUR

Fajar Yulius Dwianto, . (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMUKUL DALAM PERMAINAN ROUNDERS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BATTING G PADA SISWA KELAS V SDN KAYU PUTIH 03 PAGI PULO GADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Lampiran dokumentasi penelitian.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar memukul rounders pada siswa kelas V SDN Kayu Putih 03 Pulo gadung Jakarta timur,jumlah siswa 39 orang dimana terdapat 20 orang siswi dan 19 orang siswa, metode yang di lakukan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dangan teknik pengambilan data kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini melibatkan guru pendidikan jasmani olah raga dan rekreasi dan guru sebagai kolabolator,penelitian ini di lakukan sebanyak II siklus dimana di setiap siklusnya terdapan 2 kali pertemuan. Kegiatan siklus I di awali dengan tes awal dimana peneliti dapat mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam menguasai teknik memukul rounders sebelum di berikan perlakuan dari peneliti,kemudian siswa di berikan perlakuan dari peneliti dan di berikan stimulus berupa media pembelajaran yang di buat oleh peneliti yaitu media pembelajaran botol gallon (batting g), perlakuan ini di lakukan sebanyak 2 kali pertemuan sesui dengan penjelasan di awal dan setelah itu peneliti melakukan tes akhir siklus pertama,dari hasil siklus pertama yang di realisasikan peneliti mendapati adanya perkembangan dari para siswa namun masih belum memenuhi batas minimum ketuntasan sehingga peneliti perlu mengadakan siklus selanjutnya yaitu siklus ke II. Kegiatan siklus ke II yang di realisasikan peneliti melalui media pembelajaran botol gallon(batting g) memberikan hasil yang baik berupa, 1) siswa dapat memahami konsep gerak memukul ronders, hal ini dapat di ketahui dari cara siswa melakukan dan mempelajari memukul rounders dengan baik,2) siswa dapat belajar memukul rounders dengan baik, 3) motivasi siswa dan percaya diri siswa meningkat pada saat belajar memukul rounders, Pada penelitan ini di jelaskan bahwa pada tes awal di dapati data kemampuan siswa yang lulus dalam belajar memukul dalam permainan rounders yaitu sebanyak 15(39%) dan yang tidak lulus sebanyak 24(61%) siswa yang tidak lulus. Pada sisiklus I terjadi peningkatan yang cukup baik, siswa yang lulus 24(61%) siswa yang lulus sedangkan yang tidak lulus sebanyak 15(39%) siswa, pada siklus ke II terlihat peningkatan yang signifikan yaitu terdapat 35(90%) siswa yang lulus dan terdapat 4(10%) siswa yang tidak lulus. Keterangan dari hasil penelitian ini adanya peningkatan dari hasil belajar memukul dalam permainan rounders melalui media pembelajaran botol gallon(batting g) dari tes awal menghasilkan prosentase sebesar 39% siswa yang dapat melakukan teknik memukul rounders dengan benar,kemudian di lakukan siklus I di dapati peningkatan yaitu 61% siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar memukul rounders dengan benar,dan pada siklus ke II dengan hasil sebesar 90% siswa dapat meningkatkan hasil belajar memukul rounders dengan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs.H.M. Djumidar A. Widya ; 2). Iwan Setiawan M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 23 Oct 2019 14:51
Last Modified: 23 Oct 2019 14:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item