PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL STORYTELLING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SISWA

MUHAMMAD RIVALDI, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL STORYTELLING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar kognitif merupakan indikator yang diperlukan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi. Dengan penggunaan digital storytelling dapat meningkatkan hasil belajar kognitif fisika siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang diberikan perlakuan dengan yang tidak diberikan perlakuan, sehingga dapat diketahui pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa, jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Dengan dilakukan uji pendahuluan, termasuk uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji homogenitas Levene, dilakukan untuk memastikan validitas asumsi statistik. Temuan mengungkapkan bahwa adanya perbedaan dan pengaruh penggunaan Digital Storytelling terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa. Secara khusus, skor Pretest dan Posttetst untuk kelompok eksperimen meningkat sebesar 23,3%, dibandingkan dengan peningkatan 11,1% pada kelas kontrol. Analisis uji Effect Size selanjutnya memvalidasi temuan ini, dengan Effect Size sedang yang dicatat untuk Pretest (d = 0,75) dan Posttest (d = 0,87). Hasil ini mengimplikasikan penggunaan Digital Storytelling sebagai metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam pengajaran fisika dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif fisika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Vina Serevina, M.M. 2). Ely Rismawati, S.Pd., M.Pfis.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Rivaldi .
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:30
Last Modified: 17 Feb 2025 03:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52941

Actions (login required)

View Item View Item