HUBUNGAN PEMAHAMAN NORMA KESOPANAN DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI 105 JAKARTA

ALFA DHILA ALFIATININGRUM, . (2025) HUBUNGAN PEMAHAMAN NORMA KESOPANAN DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI 105 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman norma kesopanan dengan interaksi sosial siswa kelas VII SMP Negeri 105 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni - September semester ganjil tahun 2024. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tujuh SMPN 105 Jakarta. Berdasarkan populasi tersebut diambil sampel sebanyak 155 siswa yang dipilih menggunakan sampling insidental serta rumus Slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5% dari total populasi 252 siswa. Instrumen penelitian mencakup tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman norma kesopanan dan kuisioner untuk mengukur interaksi sosial siswa melalui google formulir. Sebelum instrumen tersebut digunakan, dilakukan uji validitas yang menghasilkan 33 item valid dari 40 pertanyaan untuk pemahaman norma kesopanan dan 35 item valid dari 40 pernyataan untuk interaksi sosial siswa. Selanjutnya, dilakukan uji reliabilitas yang menghasilkan nilai alpha cronbach 0,873 > 0,6 untuk pemahaman norma kesopanan dan nilai alpha cronbach 0,899 > 0,6 untuk interaksi sosial siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa data pada kedua variabel tersebut reliabel. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan linearitas. Hasil perhitungan uji normalitas nilai signifikansi sebesar 0,200 > 0,05 mengindikasikan bahwa data variabel X dan variabel Y terdistribusi normal. Kemudian, uji linearitas diperoleh angka deviation from linearity sebesar 0,073 > 0,05 yang memiliki arti bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang linear. Hubungan diantara kedua variabel diperkuat melalui pengujian hipotesis, yakni uji korelasi product moment dengan memperhatikan rhitung > rtabel (0,532 > 0,148) yang menandakan terdapat korelasi antara pemahaman norma kesopanan dengan interaksi sosial siswa. Sedangkan untuk tingkat keeratan korelasi merujuk pada nilai rhitung menurut Guillford (0,40-0,59) maka dengan nilai rhitung sebesar 0,532 artinya terdapat korelasi yang sedang antara variabel pemahaman norma kesopanan dengan interaksi sosial siswa. Uji regresi linear sederhana menghasilkan setiap kenaikan 1 poin pada pemahaman norma kesopanan adalah sebesar 83,673 maka diikuti oleh kenaikan interaksi sosial siswa sebesar 1,239 dengan demikian dua variabel ini memiliki hubungan yang positif. Uji koefisien determinasi menghasilkan nilai R- square sebesar 0,532 atau 28,3% maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman norma kesopanan siswa berkontribusi dengan interaksi sosial siswa sebesar 28,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. ***** This study aims to determine the relationship between understanding the norm of politeness and social interaction of grade VII students of SMP Negeri 105 Jakarta. This research was conducted in June - September of the odd semester of 2024. The method used is a correlational method with a quantitative approach. The population of this study is all seventh-grade students of SMPN 105 Jakarta. Based on this population, a sample of 155 students was selected using incidental sampling and the Slovin formula with an error rate of 5% of the total population of 252 students. Research instruments include a multiple-choice test to measure understanding of politeness norms and a questionnaire to measure students' social interaction through google forms. Before the instrument was used, a validity test was carried out that resulted in 33 valid items out of 40 questions for understanding the norms of politeness and 35 valid items from 40 statements for students' social interaction. Furthermore, a reliability test was carried out that resulted in an alpha cronbach value of 0.873 > 0.6 for understanding the norm of politeness and an alpha cronbach value of 0.899 > 0.6 for student social interaction. The results show that the data on both variables are reliable. The prerequisite tests for data analysis include normality and linearity tests. The results of the normality test calculation of significance values of 0.200 > 0.05 indicate that the data of variable X and variable Y are normally distributed. Then, the linearity test obtained a deviation from linearity figure of 0.073 > 0.05 which means that the two variables have a linear relationship. The relationship between the two variables was strengthened through hypothesis testing, namely the product moment correlation test by paying attention to the calculation > the table (0.532 > 0.148) which indicates that there is a correlation between the understanding of politeness norms and students' social interaction. As for the level of correlation closeness, it refers to the calculation value according to Guillford (0.40-0.59), then with a calculation value of 0.532, it means that there is a moderate correlation between the variable of understanding the norm of politeness and student social interaction. A simple linear regression test results in every 1-point increase in the understanding of politeness norms is 83.673, followed by an increase in students' social interaction by 1.239, thus these two variables have a positive relationship. The determination coefficient test produced an R-square value of 0.532 or 28.3%, so it can be concluded that the understanding of students' politeness norms contributes to students' social interaction by 28.3% and the rest is influenced by other variables that are not studied in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Achmad Husen, M.Pd. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Alfa Dhila Alfiatiningrum .
Date Deposited: 18 Feb 2025 03:20
Last Modified: 18 Feb 2025 03:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53020

Actions (login required)

View Item View Item