Pengaruh Metode Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 11 Jakarta

DINI SITI MASLUHA, . (2020) Pengaruh Metode Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 11 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (494kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (360kB)
[img] Text
lampiran & biodata.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta pada semester 1 tahun Ajaran 2019-2020, yang dimulai pada bulan November – Desember 2019 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh mengenai metode Reciprocal Teaching dalam meningkatkan hasil belajar membaca bahasa arab siswa kelas X SMA Muhammadiyah 11 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan samplenya adalah siswa kelas X IPA dan siswa Kelas X IPS 1 sejumlah 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol . teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara “porposive sampling “ yaitu teknik pengambilan sample secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrument yang digunakan adalah observasi (pengamatan) teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif, validitas dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signitifikansi = 0,05. Setelah dilakukan maka peneliti telah menemukan pengaruh terhadap hasil belajar membaca arab siswa kelas X SMA Muhammdiyah 11 Jakarta dengan menggunakan metode reciprocal teaching yang mana hasil uji diperoleh dari uji validitas dan uji homogenitas. Uji homogenitas dengan hasil pengelompokkan X-Y mempunyai varian yang homogenitas x2 hitung (27,05) < X2 tabel (53,38) , uji normalitas yang memiliki data berdistribusi Normal dengan hasil L hitung (0,130) < L Tabel (0,198). Setelah dilakukan tes maka nilai T-Hitung yang diperoleh dari 0,05 adalah (3,72) sedangkan nilai T tabel (2,25) untuk derajak kebebasan (dk=38) karena T-Hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga T-tabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Berdasarkan data diatas menunjukkan bahwa pengaruh metode reciprocal teaching dalam pembelajaran membaca bahasa arab terdapat pengaruh positif terhadap siswa kelas X SMA Muhammadiyah 11 Jakarta dan termasuk metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca arab siswa kelas X SMA Muhammadiyah 11 Jakarta. This research is held in Senior High School of Muhammadiyah 11 Jakartaon the first semester of the 2019-20120years academic started on November–December2019. The aim of this research is to know the effect of Reciprocal Teaching Methodon Results of Reading Arabic Learning for 10th grade students, Senior High School of Muhammadiyah 11 Jakarta.The used method for this research is an experimental method, and the samples were taken from the 10th grade students, Senior High School of Muhammadiyah 11 Jakarta, 2020from class X IPA and X IPS1. The population were 40students, 20students in an experimental group, while 20students in control group. The technic of taking samples was used by purposive sampling, that deliberate with the sample’s requirement needed. The used instrument and data analysis technic are observation and description statistics. The validity and hypothesis test that used is T-test on the significance level = 0,05.The researcher found a positive effect afterdoing the research of the learning results on reading arabicon 10th grade students, Senior High School of Muhammadiyah 11 Jakartawith Reciprocal Teaching Method. The conclusion of this research based on this final data: The T-test results obtain after the validity and homogeneity test. The results of the homogeneity test with X-Y classification has a variant of homogeneity X2value (27,05) <X2table (53,38), normality test which has normally distributed data with the results of L calculated (0,130) < LTable (0,198). The test results show that the value of Tcalculated obtain from 0,05 is (3,72) and the value of the T table (2,25) for the degree of freedom (dk=38). Because of the obtained Tcalculated bigger than the value of the T table, then the hypothesis is 0 (H0) rejected and the research hypothesis (H1) accepted. Based on the data, it shows that the effect of Reciprocal Teaching Methodon Results of ReadingArabic Learning has a positive effect on 10th grade students, Senior High School of Muhammadiyah 11 Jakarta, which is one of the learning methodthat can improve the reading arabiclearning of10th grade students, Senior High School of Muhammadiyah11 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Romdhani, M. Pd ; 2). Dr. Siti Jubaidah, M. A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 962 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 12:50
Last Modified: 11 Mar 2020 12:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5306

Actions (login required)

View Item View Item