TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM VIDEO IKLAN GOJEK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS IKLAN

SAVIRA ZUELIANITA, . (2025) TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM VIDEO IKLAN GOJEK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS IKLAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur ilokusi iklan Gojek yang terdapat di YouTube dan implikasinya terhadap pembelajaran teks iklan kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi, yaitu menganalisis dokumen berupa data tuturan iklan Gojek berdasarkan klasifikasi tindak tutur ilokusi yang terdapat pada iklan. Objek dalam penelitian ini adalah 25 iklan Gojek dan ditemukan 95 pasangan ujaran di dalamnya. Hasil penelitian ini berupa tindak tutur ilokusi yang terkandung dalam ujaran yang ada pada iklan Gojek, yaitu bentuk dari tindak tutur ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Bentuk tindak tutur ilokusi yang paling mendominasi adalah asertif bentuk menyatakan. Hal ini dikarenakan sebuah iklan bertujuan untuk menyampaikan informasi dan memperkuat pesan merek. Bentuk asertif menyatakan ini dapat membantu meyakinkan penonton tentang manfaat dan kemudahan menggunakan layanan Gojek karena terdapat pernyataan yang jelas dan tegas. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII fase D pada elemen menyimak. Percakapan atau dialog yang mengandung tindak tutur ilokusi dapat dijadikan contoh dalam menemukan informasi yang ada pada teks iklan. ***** This study aims to analyze the speech behavior of Gojek advertising on YouTube and its implications for learning advertising text in grade VIII of junior high school. This study uses a qualitative descriptive method with content analysis, namely analyzing documents in the form of Gojek advertising speech data based on the classification of illocution speech contained in advertisements. The object of this study was 25 Gojek ads and 95 speech pairs were found in it. The results of this study are in the form of illocution speech contained in the speech in Gojek advertisements, which is a form of assertive, directive, commissive, expressive, and declarative illocution speech. The most dominant form of illocution speech is assertive, declarative. This is because an advertisement aims to convey information and reinforce the brand's message. This assertive form of stating can help convince the audience about the benefits and ease of using Gojek services because there is a clear and firm statement. The results of this study can be implicated in Indonesian learning in grade VIII phase D on the listening element. Conversations or dialogues that contain illustrative speech can be used as an example in finding information in advertising text.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si. ; 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Savira Zuelianita .
Date Deposited: 19 Feb 2025 02:59
Last Modified: 19 Feb 2025 02:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53096

Actions (login required)

View Item View Item