AGUNG BUDI PRAKOSO, . (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK KELAS X SMK TARUNA BANGSA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (679kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (486kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (266kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Agung Budi Prakoso,Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Sikap Ilmiah Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Rangkaian Listrik Siswa Kelas X SMK Taruna Bangsa Bekasi . Skripsi. Jakarta, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Dosen Pembimbing: Faried Wadjdi, M.Pd, MM dan Dr. Soeprijanto, M.Pd. Keberhasilan siswa dalam mencapai hasil belajar yang tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kemandirian belajar dan sikap ilmiah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar; (2) Hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar; (3) Hubungan antara kemandirian belajar dan sikap ilmiah dengan hasil belajar mata pelajaran rangkaian listrik siswa kelas X SMK Taruna Bangsa Bekasi Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode surve dengan pendekatan korelasiponal. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik sebanyak 75 siswa. Pengumpulan data variabel terikat menggunakan tes hasil belajar dan pengumpulan data variabel bebas menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis, uji regresi sederhana, uji-t dan uji regresi ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar rangkaian listrik, hasil pengujian thitung (2,61) > ttabel (2,00) dengan kontribusi sebesar 10,87%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah siswa dengan hasil belajar rangkaian listrik, hasil pengujian thitung (4,58) > ttabel (2,00) dengan kontribusi sebesar 27,21%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar sikap ilmiah siswa dengan hasil belajar rangkaian listrik, hasil pengujian thitung (12,92) > ttabel (3,16) dengan kontribusi sebesar 31,98%; Kata kunci: Kemandirian Belajar, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar iiiABSTRACTAgung Budi Prakoso, The Relationship Between Learning Independence and Scientific Attitudes With Learning Outcomes of Electrical Subjects in Class X Students of SMK Taruna Bangsa Bekasi. Essay. Jakarta, Electrical Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University. Supervisor: Dr. Faried Wadjdi, M.Pd, MM and Dr. Soeprijanto, M.Pd.The success of students in achieving high learning outcomes is influenced by several factors, including learning independence and scientific attitude. This research aims to find out: (1) The relationship between learning independence and learning outcomes; (2) The relationship between scientific attitudes and learning outcomes; (3) The relationship between learning independence and scientific attitude with learning outcomes of electrical circuit subjects in class X SMK Taruna Bangsa Bekasi.The research method used in this study uses a survey method with a correlational approach. The population in the study were 75 students of class X Electric Power Installation Engineering. The dependent variable data collection uses test learning outcomes and the collection of independent variable data using a questionnaire. The data analysis technique used is the hypothesis test, simple regression test, t-test and multiple regression tests that were previously performed prerequisite test analysis using the normality test and linearity test.The results showed that the hypothesis test with a significance level of 5% showed that: (1) there was a positive and significant relationship between learning independence with the learning outcomes of the electrical circuit, the results of tcount test (2.61)> ttable (2.00) with a contribution of 10.87%; (2) there is a positive and significant relationship between students' scientific attitudes and learning outcomes of electrical circuits, test results oftcount (4.58)> ttable (2.00) with a contribution of 27.21%; (3) there is a positive and significant relationship between learning independence of scientific attitudes of students with the learning outcomes of electrical circuits, test results of tcount (12.92)> ttable (3.16) with a contribution of 31.98%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd, MM 2). Dr. Soeprijanto, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 1961 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 10:58 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 10:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5311 |
Actions (login required)
View Item |