PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 JAKARTA

JIHAN DZAKIYAH NURMAJID, . (2025) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (921kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan, kemampuan literasi merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung hasil belajar akademik siswa. Namun siswa dalam antusiasme terhadap literasi belum berkembang dengan baik. Hal tersebut dibuktikan pada indeks literasi di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan literasi terhadap hasil belajar Sosiologi pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Jakarta dengan kemampuan literasi (X) sebagai variabel bebas dan hasil belajar Sosiologi (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 5 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 169 responden. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Jakarta. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juli 2024 sampai Januari 2025. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, studi literatur, artikel ilmiah, dan jurnal yang terkait dengan topik penelitian. Teknik analisis data menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS) 27 dan bantuan microsoft Excel. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan literasi sebagai variabel X dengan hasil belajar Sosiologi sebagai variabel Y. Artinya, siswa yang terlibat aktif dalam kegiatan literasi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi Y= 82.969 + 0,451, menunjukkan bahwa kemampuan literasi berpengaruh terhadap hasil belajar Sosiologi. Kemudian pada hasil uji t dihasilkan sebesar 17.075>1.654 artinya pada analisis uji t terdapat pengaruh pada kemampuan literasi terhadap hasil belajar Sosiologi. Pada uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,623, hal tersebut membuktikan kemampuan literasi terhadap hasil belajar Sosiologi memiliki pengaruh sebesar 62,3% sedangkan sisanya 37,7% merupakan faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. In the world of education, literacy skills are one of the important factors to support students' academic learning outcomes. However, students' enthusiasm for literacy has not developed well. This is evidenced by the literacy index in Indonesia which is still relatively low. This study aims to determine whether there is an influence of literacy skills on Sociology learning outcomes in grade XI students of SMA Negeri 5 Jakarta with literacy skills (X) as the independent variable and Sociology learning outcomes (Y) as the dependent variable. This study uses a quantitative approach with a survey method. The population in this study were grade XI students of SMA Negeri 5 Jakarta. The sampling technique used simple random sampling. The sample in this study was 169 respondents. The location of the study was at SMA Negeri 5 Jakarta. The research time was conducted from July 2024 to January 2025. Data collection was carried out through the distribution of questionnaires, interviews, literature studies, scientific articles, and journals related to the research topic. The data analysis technique used the Statistical Package for Social Science (SPSS) 27 and Microsoft Excel assistance. The results of the study stated that there was a positive influence between literacy skills as variable X and Sociology learning outcomes as variable Y. This means that students who are actively involved in literacy activities show better learning outcomes. This is evidenced by the results of the regression test Y = 82.969 + 0.451, indicating that literacy skills have an effect on Sociology learning outcomes. Then the results of the t-test produced 17.075> 1.654, meaning that in the t-test analysis there is an influence on literacy skills on Sociology learning outcomes. In the determination coefficient test, the R Square value is 0.623, which proves that literacy skills have an influence on Sociology learning outcomes of 62.3% while the remaining 37.7% are other factors not discussed in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Devi Septiandini, M.Pd. ; 2) Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 26499 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2025 03:46
Last Modified: 20 Feb 2025 03:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53148

Actions (login required)

View Item View Item