PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MANAJEMEN PERKANTORAN SMKN 8 JAKARTA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

AINI MARGIASTUTI, . (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MANAJEMEN PERKANTORAN SMKN 8 JAKARTA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (640kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, minat belajar, dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Manajemen Perkantoran SMKN 8 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 180 orang dari siswa kelas XI dan XII Manajemen Perkantoran SMKN 8 Jakarta. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini berdasarkan tabel Issac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% adalah 123 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan SEM PLS dengan software SmartPLS versi 4.0. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari analisis model pengukuran, analisis model struktural, dan pengujian hipotesis pengaruh langsung dan tidak langsung. Mendapatkan hasil bahwa efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dimediasi oleh motivasi belajar, dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dimediasi oleh motivasi belajar pada siswa Manajemen Perkantoran SMKN 8 Jakarta. Kata Kunci: efikasi diri, minat belajar, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis. ****** This study aims to determine the effect of self-efficacy, interest in learning, and learning motivation on the critical thinking skills of Office Management students of SMKN 8 Jakarta. This research uses a quantitative approach with a survey method. The population in this study were 180 people from class XI and XII Office Management students of SMKN 8 Jakarta. The sampling technique in this study based on the Issac and Michael table with an error rate of 5% was 123 people. The data analysis technique used is using SEM PLS with SmartPLS software version 4.0. The data analysis technique used consists of measurement model analysis, structural model analysis, and direct and indirect effect hypothesis testing. Getting the results that self-efficacy has a positive and significant effect on learning motivation, learning interest has a positive and significant effect on learning motivation, self-efficacy has a positive and significant effect on critical thinking ability, learning interest has a positive and significant effect on critical thinking ability, learning motivation has a positive and significant effect on critical thinking ability, self-efficacy has a positive and significant effect on students' critical thinking ability mediated by learning motivation, and learning interest has a positive and significant effect on students' critical thinking ability mediated by learning motivation in Office Management students of SMKN 8 Jakarta. Keywords: self-efficacy, learning interest, learning motivation, critical thinking ability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si. ; 2). Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Aini Margiastuti .
Date Deposited: 21 Feb 2025 02:58
Last Modified: 21 Feb 2025 02:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53229

Actions (login required)

View Item View Item