MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE SYLLABIC BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS VI DI SLBN 7 JAKARTA

LINDA PUSPITASARI, . (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE SYLLABIC BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS VI DI SLBN 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan metode syllabic pada peserta didik kelas VI hambatan intelektual ringan di SLBN 7 Jakarta. Fokus penelitian adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan dalam kesadaran fonologis, membaca suku kata, dan membaca kata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan McTaggart yang melibatkan empat komponen utama dalam satu siklus yang berkesinambungan, yaitu: (1) Perencanaan; (2) Tindakan; (3) Observasi; dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan dalam keterampilan membaca permulaan. Hasil evaluasi pada Siklus I menunjukkan bahwa peningkatan yang terjadi belum sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh peneliti, yaitu dengan nilai 76 untuk SB, 63 untuk RW, dan 63 untuk RS. Sedangkan pada Siklus II, ketiga peserta didik mampu memperoleh nilai 96 untuk SB, 86 untuk RW, dan 83 untuk RS, sehingga memenuhi kriteria peningkatan yang diharapkan sebesar 50% dari kemampuan awal sebelum diberikan tindakan. Dengan demikian kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan metode syllabic dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada peserta didik dengan hambatan intelektual ringan kelas VI di SLBN 7 Jakarta. ***** This research aims to improve beginning reading skills by using the syllabic method for sixth-grade students with mild intellectual disabilities at SLBN 7 Jakarta. The focus of the research is on enhancing beginning reading skills in phonological awareness, syllable reading, and word reading. This research is a classroom action research using the Kemmis and McTaggart model research design, which involves four main components in a continuous cycle: (1) Planning; (2) Action; (3) Observation; and (4) Reflection. Data collection was conducted using tests and observation sheets as instruments. The data analysis used in this research is quantitative descriptive. The results of the study show that the students experienced improvements in their beginning reading skills. The evaluation results from Cycle I showed that the improvement did not yet meet the criteria expected by the researcher, with scores of 76 for SB, 63 for RW, and 63 for RS. In Cycle II, the three students were able to achieve scores of 96 for SB, 86 for RW, and 83 for RS, meeting the expected improvement criterion of 50% from their initial ability before the intervention. Therefore, the conclusion of this research is that the application of the syllabic method can improve beginning reading skills in students with mild intellectual disabilities in the sixth grade at SLBN 7 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd. ; 2). Dr. Lalan Erlani, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Linda Puspitasari .
Date Deposited: 21 Feb 2025 06:34
Last Modified: 21 Feb 2025 06:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53249

Actions (login required)

View Item View Item