PENGEMBANGAN BUKU AJAR HYPERCONTENT CETAK KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

INRIA KRIXENA, . (2025) PENGEMBANGAN BUKU AJAR HYPERCONTENT CETAK KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan sebuah sumber belajar cetak berupa Buku Ajar Hypercontent Keterampilan Dasar Mengajar untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Buku ajar hypercontent cetak ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar di Universitas yang memiliki program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk membantu memfasilitasi mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah Microteaching. Secara umum, penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan menghasilkan buku ajar hypercontent cetak untuk sumber belajar utama mahasiswa disamping sumber belajar yang lain karena lebih terarah dan sistematis. Pengembangan buku ajar hypercontent cetak ini mengacu pada model pengembangan produk, yakni model Rowntree. Model ini meliputi tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, serta tahap penulisan dan penyuntingan. Penelitian ini dievaluasi dengan penilaian expert review oleh seorang ahli materi, seorang ahli bahasa, seorang ahli media, face-to-face tryouts yang melibatkan tiga mahasiswa, dan field test yang melibatkan sembilan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar hypercontent cetak ini sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam mata kuliah Microteaching. Hal tersebut dibuktikan dari nilai rata-rata keseluruhan expert review sebesar 100 persen, rata-rata penilaian face-to-face tryouts sebesar 100 persen, dan peningkatan hasil belajar pada pretest dan post-test sebesar 5,67. Berdasarkan hasil pengembangan menunjukkan bahwa buku ajar hypercontent cetak ini sangat layak dijadikan sebagai sumber belajar untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa dari universitas yang memiliki mata kuliah Microteaching. ***** This development research aims to produce a printed learning resource in the form of a Hypercontent Textbook on Basic Teaching Skills for Elementary Education Majors. This printed hypercontent textbook can be used as one of the learning resources at universities with Elementary Education programs to help facilitate students in taking the Microteaching course. In general, this development research aims to produce a printed hypercontent textbook as the primary learning resource for students, in addition to other learning resources, due to its more structured and systematic nature. The development of this printed hypercontent textbook refers to the product-oriented model, the Rowntree model. This model consists of three stages: planning, preparing for writing, and writing and re-writing. This research is evaluated through expert review assessments by a subject matter expert, a language expert, a media expert, face-to-face tryouts involving three students, and a field test involving nine students. The results of the study indicate that this printed hypercontent textbook is highly suitable for use as a learning resource in the Microteaching course. This is evidenced by the overall expert review score of 100 percent, the face-to-face tryouts score of 100 percent, and an improvement in learning outcomes from pre-test to post-test by 5.67 points. Based on the development results, it can be concluded that this printed hypercontent textbook is highly suitable as a learning resource to facilitate lecturers and students in universities offering the Microteaching course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. ; 2). Dr. Mita Septiani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 26526 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2025 02:14
Last Modified: 24 Feb 2025 02:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53297

Actions (login required)

View Item View Item