PROSES METODE MATERNAL REFLEKTIF UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SEMANTIK (MAKNA KATA) BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN PENDENGARAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI KELAS D1A SLB-B PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT)

SANTIKA ANGSAR BANONCINAWI ADININGRAT, . (2025) PROSES METODE MATERNAL REFLEKTIF UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SEMANTIK (MAKNA KATA) BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN PENDENGARAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI KELAS D1A SLB-B PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggali informasi secara dalam mengenai persiapan dan proses Metode Maternal Reflektif (MMR) dalam pengembangan kemampuan semantik makna kata khususnya kata sifat peserta didik hambatan pendengaran kelas D1A SLB B Pangudi Luhur Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model analisis Miles dan Huberman dengan alur reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Sumber penelitian ini ialah guru kelas, kepala sekolah SLB B Pangudi Luhur Jakarta Barat dan peserta didik kelas D1A. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan kemampuan semantik makna kata sifat perlu melalui beberapa proses MMR (1) perdati (percakapan dari hati ke hati), guru, orang tua, dan peserta didik bekerja sama berbagi pengalaman pribadi untuk percakapan yang mudah diterima dan dipahami, tanpa rasa malu atau canggung; (2) visualisasi, menggunakan media, peragaan, mimik wajah, dan nada bicara guru untuk memperkuat ingatan peserta didik terhadap kata sifat, sehingga maknanya tetap diingat; (3) percami (percakapan membaca ideovisual), membaca secara ideovisual untuk memperkuat pemahaman kata sifat dengan pengulangan, serta memperagakan dan mengekspresikan kata tersebut; (4) percali (percakapan linguistik), percali berupa pengolahan bacaan yang mempelajari sinonim, antonim, dan kosakata baru dari kata sifat dengan cara tanya jawab dengan oral, peragaan, dan ekspresif Mengolah bacaan makna kata sifat dengan melibatkan peserta didik dalam peragaan, dramatisasi, dan ekspresi menggunakan foto, video, atau benda konkrit untuk memperjelas makna; (5) refleksi, Guru membuat latihan kreatif dengan gambar atau bacaan untuk memperjelas makna kata sifat. Penilaiannya berdasarkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik dalam memperagakan dan berekspresi. Selain mengembangkan kemampuan semantik makna kata sifat juga mengembangkan rasa empati peserta didik hambatan pendengaran Kata kunci : Metode Maternal Reflektif, Kemampuan Semantik, Kata Sifat ***** ABSTRACT This study aims to explore in-depth the preparation and the process of the Maternal Reflective Method (MMR) in developing the semantic skills, specifically adjectives, for deaf students of Class D1A at SLB B Pangudi Luhur, West Jakarta. The study applies descriptive qualitative approach using Miles and Huberman method of analysis, consisting of data reduction, data presentation, and drawing a conclusion. The sources in this research include the homeroom teacher, the principal of SLB B Pangudi Luhur West Jakarta, and the students of Class D1A. The findings reveal that in developing the semantic ability of adjectives, several MMR processes are involved: (1) perdati (heart-to-heart conversation), teachers, parents, and students work together to share personal experiences for conversations that are easily accepted and understood, without shame or awkwardness; (2) visualization , using media, demonstrations, facial expressions, and the teacher's tone of voice to reinforce students' memory of adjectives, ensuring that their meanings are retained; (3) percami (reading ideovisual conversation), to reinforce the understanding of adjectives through repetition, while demonstrating and expressing the words with full engagemen; (4) percali (linguistic conversation), processing the meaning of adjectives by engaging students in demonstrations, dramatizations, and full expressions using photos, videos, or concrete objects to clarify the meaning; (5) reflection , the teacher creates creative exercises using images or texts to clarify the meaning of adjectives. Assessment is based on students' understanding and engagement in demonstrating and expressing the wordsIn addition to developing the semantic ability of adjectives, this method also enhances the students' empathy. Keywords : Maternal Reflective Method, Semantic Ability, Adjectives

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M. Pd; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 25958 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2025 01:37
Last Modified: 27 Feb 2025 01:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53325

Actions (login required)

View Item View Item