PENGARUH METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS AL GHUROBAA

REZA FIRDAUS, . (2020) PENGARUH METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS AL GHUROBAA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (287kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (218kB)

Abstract

Pengaruh Metode Community Language Learning (CLL) terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa SMA Al-Ghurobaa. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa arab, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta, 2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Ghurobaa pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020, yang dimulai pada bulan Oktober – Desember 2019 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tentang metode Community Language Learning (CLL) terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa SMA Al-Ghurobaa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan samplenya adalah siswa SMA Al-Ghurobaa kelas XII sejumlah 53 orang terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara “simple random sampling”. Instrument yang digunakan adalah pre-test dan post-tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif, validitas . Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signitifikansi = 0,05. Hasil penelitian setelah peneliti melakukan penelitian ini adalah Hasil uji-t diperoleh setelah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji homogenitas dengan hasil pengelompokkan X-Y mempunyai varian yang homogenitas x2 hitung (3,841) < X2 tabel (22,52) , uji normalitas yang memiliki data berdistribusi Normal dengan hasil L hitung (0,104) < L Tabel (0,174). Setelah dilakukan tes maka nilai T-Hitung yang diperoleh dari 0,05 adalah (12,17) sedangkan nilai T tabel (1,671) untuk derajat kebebasan (dk=53) karena T-Hitung yang diperoleh lebih kecil daripada harga T-tabel maka hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis penelitian (H1) ditolak. Berdasarkan data diatas, bahwa terdapat pengaruh pada metode Community Language Learning (CLL) terhadap hasil belajar bahasa Arab Siswa SMA Al-Ghurobaa. “The Influence of Method Community Language Learing (CLL) of Arabic Language Learning at Student in Al-Ghurobaa High School”. Thesis. Jakarta: education courses in Arabic Language and Arts Faculty of State University of Jakarta, 2019. This research was carried out at the Al-Ghurobaa high school on a 1st semester school year 2019-2020, in Okt 2019. The purpose of this study is to know the influence of method Community Language Learing (CLL) of Arabic language learning at student in Al-Ghurobaa high school. The purpose method designed experiments which used grade 12. This experiment divide 53 students into 2 class of variables: 27 independents and 26 dependents. The sampling was performed with simple random sampling, which intentionally pick samples in accordance with requirements. The research instrument used were pre and posttest. Data analysis techniques used in this study were descriptive technique and validity. The hypothesis testing used t-test with 0,05 of significance level. The result found not a positive influence against the student Arabic language learning by using TGT. The conclusion in based on the t-test results from validity and homogeneity test. The homogeneity test from the result of grouping X and Y has homogeneous variant, namely X2 count (3,841) < X2 table (22,52). The normality test has data that are normally distributed with the results of L-count (0,104) < L table (0,174). After the test, the result of the t-count obtained from 0,05 are (12,17) with the t-table value (1,671) for the degree of freedom (dk=53). Base on these calculation, the calculated t-count is smaller than t-table, the null hypothesis (H0) is accepted and the research hypothesis (H1) is rejected. Based on the data above, there is not a positive influence on the Community Language Learing (CLL) on Arabic language learning with words ball media of Al-Ghurobaa high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr.Mohamad Sarip, M.A 2. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1919 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 15:51
Last Modified: 11 Mar 2020 15:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5342

Actions (login required)

View Item View Item