MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI METODE KARYA WISATA (FIELD TRIP) SISWA KELAS V SDN MANGGARAI 03

DEA HANI REGITA, . (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI METODE KARYA WISATA (FIELD TRIP) SISWA KELAS V SDN MANGGARAI 03. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia, yakni siswa kelas V Sekolah Dasar. Materi yang diambil dalam penelitian ini adalah teks deskripsi. Subjek dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas V SDN Manggarai 03. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis dan MC. Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat tahap pelaksanaan, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, instrumen non tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode karya wisata (field trip) dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis, khususnya dalam pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan data akhir siklus, pada siklus I, siswa yang masuk kategori sangat tinggi dan tinggi 61,90%. Persentase ini meningkat pada siklus II yaitu menjadi 100%. Berdasarkan data pemantauan guru dan siswa pada siklus I yang masuk kategori baik-sangat baik. Persentase ini meningkat pada siklus II yaitu 95,53% untuk guru dan 80% untuk siswa. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode karya wisata (field trip) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, khususnya dalam pelajaran teks deskripsi Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Manggarai 03 Jakarta Selatan. ***** This research aims to improve writing skills in Indonesian language subjects, namely fifth grade elementary school students. The material taken in this research is descriptive text. The subjects of this research were class V students at SDN Manggarai 03. This Classroom Action Research used the Kemmis and MC models. Taggart, which in one cycle consists of four implementation stages, namely planning, action, observation and reflection. Data collection was carried out using documentation, non-test instruments, and field notes. The results of this research show that the field trip method can be used as a learning method to improve writing skills, especially in Indonesian language lessons. Based on end-of-cycle data, in cycle I, 61.90% of students were in the very high and high categories. This percentage increased in cycle II, namely to 100%. Based on monitoring data from teachers and students in cycle I, those in the good-very good category. This percentage increased in cycle II, namely 95,53% for teachers and 80% for students. It can be concluded that the learning process using the field trip method can improve students' writing skills, especially in Indonesian descriptive text lessons for class V students at SDN Manggarai 03, South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 26419 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:21
Last Modified: 26 Feb 2025 03:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53512

Actions (login required)

View Item View Item