KONTEN BEAUTY INFLUENCER TIKTOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR (STUDI KASUS: 6 MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNJ)

AULIA SYAFIRA, . (2024) KONTEN BEAUTY INFLUENCER TIKTOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR (STUDI KASUS: 6 MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan utama yakni yang pertama, mengetahui alasan keenam mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ menjadikan konten beauty influencer TikTok sebagai sumber belajar. Kedua, menganalisis proses belajar yang dilakukan keenam mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ terhadap konten beauty influencer TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi literatur. Subjek penelitian terdiri dari 6 mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ. Penelitian ini berlangsung dari bulan Februari hingga Juni 2024. Hasil penelitian ini menunjukan alasan mahasiswa mempelajari konten beauty influencer TikTok didorong oleh adanya kesamaan, status dan konsekuensi berupa dampak positif serta kemudahan akses dan keberagaman konten. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa adanya proses belajar mahasiswa melalui konten beauty influencer di TikTok mengikuti tahapan teori belajar sosial Albert Bandura, yaitu atensi, retensi, reproduksi, dan motivasi. Proses atensi dipengaruhi oleh kesamaan serta daya tarik antara mahasiswa dengan model. Dalam tahap retensi, tingginya intensitas paparan terhadap konten, dengan rata-rata penggunaan hingga 30 jam per minggu, memperkuat ingatan mahasiswa melalui pengulangan konten serupa. Pada tahap reproduksi, mahasiswa mempraktikkan teknik yang mereka pelajari dengan mengulang proses hingga mencapai hasil yang sesuai. Terakhir, motivasi menjadi pendorong utama dalam pembelajaran ini, di mana penghargaan sosial, hasil positif yang dirasakan, dan keinginan untuk mengikuti tren kecantikan memperkuat semangat mahasiswa untuk terus belajar dan menerapkan keterampilan baru dari model yang mereka amati. Kata Kunci: Tiktok, Konten Beauty Influencer, Teori Belajar Sosial ***** This study has two main objectives. First, knowing the reasons for the six UNJ Sociology Education students to make TikTok Beauty Influencer content as a learning resource. Second, analyzing the learning process carried out by the six UNJ Sociology Education students on the content of Beauty Influencer Tiktok. This research uses a qualitative approach, with a case study method. This research data was obtained through observation, in-depth interviews, documentation, and literature study. The research subjects consisted of 6 UNJ Sociology Education students. This research took place from February to June 2024. The results of this study show that the reasons students study TikTok beauty influencer content are driven by similarities, status and consequences in the form of positive impacts as well as ease of access and diversity of content. The results of these findings indicate that there is a student learning process through beauty influencer content on TikTok following the stages of Albert Bandura's social learning theory, namely attention, retention, reproduction, and motivation. The attentional process is influenced by the similarity and attractiveness between students and models. In the retention stage, the high intensity of exposure to content, with an average usage of up to 30 hours per week, reinforces students' memories through repetition of similar content. In the reproduction stage, students practice the techniques they learn by repeating the process until they achieve the appropriate results. Finally, motivation is a key driver in this learning, where social rewards, perceived positive outcomes, and the desire to keep up with beauty trends reinforce students' passion to continue learning and applying new skills from the models they observe. Keywords: TikTok, Beauty Influencer Content, Social Learning Theory

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suyuti, M.Pd. ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S.KPm., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Aulia Syafira .
Date Deposited: 26 Feb 2025 01:31
Last Modified: 26 Feb 2025 01:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53534

Actions (login required)

View Item View Item