MARISSA BINNAFILA, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover.pdf Download (312kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (896kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (430kB) |
|
Text
kata pengantar.pdf Download (356kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (547kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 .pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (422kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (330kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Teka-Teki Silang untuk materi kosakata, untuk meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas X di MAN 3 Jakarta;mengetahui kelayakan media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian siswa MAN 3 Jakarta terhadap media ini. Hasil penelitian melalui lima tahap dalam pembuatan media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS); 1) Analisis (Analysis), Analisis kebutuhan terhadap siswa dalam belajar. analisis ini sangat penting terhadap produk yang akan dikembangkan. 2) Desain (Design), membuat desain dari produk yang akan dikembangkan. Desain buku Teka-Teki Silang (TTS) memuat pertanyaan-pertanyaan dan kotak-kotak jawaban, 3) Pengembangan (Development), Proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Ustadz Achmad Rawi, S.Pd) dan ahli media (Ustadz Raden Ahmad Barnabas, M.Pd), 4) Implementasi (Implementation), Pengujian kelayakan media pembelajaran Teka-Teki Silang di MAN 3 Jakarta dengan 34 siswa uji coba lapangan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangakan, 5)Evaluasi (Evaluate), Mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan siswa MAN 3 Jakarta. Dan adapun tingkat kelayakan dari media pembelajaran teka-teki silang berdasarkan penilaian; 1) Ahli Materi diperoleh rerata presentase skor 89% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rerata presentase skor 94% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. 3) Penilaian kelayakan media oleh siswa uji coba lapangan diperoleh rerata presentase skor 89% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka permainan teka-teki silang layak digunakan sebagai media pembelajaran This study is aimed to develop the used of TTS’s book as the instructional media in improving the students’ learning motivation and improve vocabularies arabic in X grader of Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta; knowing the feasibility of instructional media TTS’s book based on the assement of expert in material and media; and knowing the perceptions of the student in Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta about the instructional media (TTS’s book). The results of the study went through five steps in producing TTS’s book learning media: 1) Analysis of the needs of students in learning. So this analysis is very important for the product to be developed, 2) Design, make the design of the product to be developed. Game book design contain questions and the square grid’s of the crossword puzzle, 3) Development, the process of evaluating product design is done by giving an assesment. Product assesment was carried out by material expert (Ustadz Achmad Rawi, S.Pd) and media expert (Ustadz Raden Ahmad Barnabas, M.Pd), 4) Implementation, Testing the feasibility of learning media TTS in MAN 3 Jakarta with 34 students. The trial was conductedted to determine the effectiveness of the product being developed, 5) Evaluate, the product based on results of the questionnaire given to material xperts, media experts, and students of MAN 3 Jakarta. The grade of the feasibility of TTS’s book learning media on assesment: 1) The material expert shows the average of score percentage is 89% (very decent), 2) media expert shows the average of score percentage is 94% (very decent). The scoring of the students in the experiment show the average of score percentage is 89% (very decent). Therefore, the TTS media is appropriate to be used in learning as the instructional media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mohammad Sarip, MA ; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 1922 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 12:43 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 12:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5356 |
Actions (login required)
View Item |