PENINGKATAN PENGETAHUAN PROSEDURAL PESERTA DIDIK SDN KELAPA DUA WETAN 01 PAGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT)

THAMMY NATHANIE VICOPUTRI SILALAHI, . (2025) PENINGKATAN PENGETAHUAN PROSEDURAL PESERTA DIDIK SDN KELAPA DUA WETAN 01 PAGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan prosedural peserta didik kelas III SDN Kelapa Dua Wetan 01 Jakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Dalam era globalisasi, kemajuan teknologi menuntut masyarakat untuk meningkatkan kualitas diri, salah satunya melalui pendidikan. Matematika, sebagai mata pelajaran penting, sering kali dianggap membosankan oleh peserta didik. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran yang inovatif dan efektif sangat diperlukan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada pengetahuan prosedural dalam menyelesaikan soal matematika, khususnya pada materi penjumlahan di kelas III SD. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pengetahuan prosedural peserta didik. Pada siklus pertama, hanya 40% peserta didik yang mencapai nilai KKM, namun pada siklus kedua, 90% peserta didik berhasil mencapai KKM. Hal ini dikarenakan adanya perubahan dalam penggunaan waktu diskusi kelompok dan adanya pedoman untuk berlatih di LKPD. Dengan adanya peningkatan dari hasil post test yang diberikan kepada peserta didik, maka penerapan model TGT di kelas III SD terbukti efektif dalam meningkatkan interaksi dan kerjasama antar peserta didik, serta memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan aktif dalam pembelajaran matematika. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan pengetahuan prosedural peserta didik dalam matematika secara signifikan. (*****) This study aimed to improve the procedural knowledge of third-grade students at SDN Kelapa Dua Wetan 01 Jakarta through the implementation of the cooperative learning model, Team Games Tournament (TGT). In the era of globalization, technological advancements required society to enhance their quality, one of which was through education. Mathematics, as an important subject, was often considered boring by students. Therefore, the application of an innovative and effective learning model was necessary to increase student engagement and understanding. This research used the Classroom Action Research (CAR) method with two cycles to improve student learning outcomes, particularly procedural skills in solving math problems, specifically on the topic of addition in third-grade mathematics. The results of the study showed a significant improvement in students' procedural skills. In the first cycle, only 40% of students achieved the minimum mastery criterion (KKM), but in the second cycle, 90% of students successfully reached the KKM. This was due to changes in the use of group discussion time and the presence of guidelines for practice in the Student Worksheets (LKPD). With the improvement in post-test results given to the students, the implementation of the TGT model in third-grade mathematics proved effective in enhancing student interaction and cooperation, as well as providing a more enjoyable and active learning experience. These results indicated that the use of the TGT learning model significantly improved students' procedural knowledge in mathematics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 26418 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2025 01:50
Last Modified: 26 Feb 2025 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53570

Actions (login required)

View Item View Item