PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMPN 17 JAKARTA

RAIHAN HANAFI, . (2025) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMPN 17 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena meningkatnya intensitas penggunaan media sosial Tiktok di kalangan remaja, dapat berpotensi mempengaruhi perilaku akademik siswa, terutama dalam hal prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan menunda dalam memulai atau menyelesaikan tugas sekolah. Kebiasaan ini dapat berdampak pada pencapaian akademik dan perkembangan belajar siswa. Adanya konten yang menarik dan bersifat adiktif dari Tiktok dapat mengalihkan fokus serta perhatian siswa terhadap tanggung jawab akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial Tiktok terhadap prokrastinasi akademik siswa. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengambilan data dilaksanakan pada Juli-Agustus 2024 di SMPN 17 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 192 siswa kelas 7 dan 8 yang memiliki aplikasi Tiktok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan media sosial Tiktok dan prokrastinasi akademik siswa termasuk pada kategori sedang. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh intensitas penggunaan media sosial Tiktok terhadap prokrastinasi akademik siswa yang signifikan dengan P-value = 0,000 < 0,05. Di samping itu, ditemukan bahwa sebesar 15,1% prokrastinasi akademik dapat dijelaskan melalui intensitas penggunaan media sosial Tiktok. Semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial Tiktok yang dimiliki oleh siswa, maka semakin tinggi juga tingkat prokrastinasi akademik siswa. ***** The phenomenon of increasing TikTok usage intensity among teenagers has the potential to influence students' academic behavior, particularly in terms of academic procrastination. Academic procrastination refers to the tendency to delay starting or completing school assignments. This habit can impact students' academic achievement and learning development. The engaging and addictive content on TikTok can divert students' focus and attention from their academic responsibilities. This study aims to determine the effect of TikTok usage intensity on students' academic procrastination. The research employs a quantitative method with an associative approach. Data collection was conducted from July to August 2024 at SMPN 17 Jakarta. The sample was selected using a proportionate stratified random sampling technique, involving 192 respondents from 7th and 8th-grade students who have the TikTok application. The results of the study indicate that the intensity of TikTok usage and students' academic procrastination fall into the moderate category. Regression test results show a significant effect of TikTok usage intensity on students' academic procrastination, with a P-value = 0.000 < 0.05. Additionally, it was found that 15.1% of academic procrastination can be explained by the intensity of TikTok usage. The higher the intensity of TikTok usage among students, the higher their level of academic procrastination.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E. ; 2) Dr. Uswatun Hasanah, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 26844 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:12
Last Modified: 26 Feb 2025 03:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53591

Actions (login required)

View Item View Item