ARIF RAHMAD SETIAWAN, . (2025) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP TOLERANSI TERHADAP KETIDAKSEPAKATAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 99 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama terhadap toleransi terhadap ketidaksepakatan pada peserta didik kelas XI SMA. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas XI SMAN 99 Jakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan metode penelitian quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner hasil adaptasi yaitu Tolerance for Disagreement (TfD) scale dengan aspek fleksibilitas dan penghindaran, yang dianalisis dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen dari kondisi awal sebesar 32,7 (sedang mendekati rendah) di mana rata-rata skor sampel penelitian memiliki tingkat fleksibilitas yang rendah dan sedang, serta tingkat penghindaran sedang dan tinggi. Kondisi akhir sebesar 48,3 (tinggi), dengan rata-rata n-gain score sebesar 0,496 (sedang). Temuan ini menunjukkan bahwa kondisi awal toleransi terhadap ketidaksepakatan peserta didik masih mengkhawatirkan sehingga perlu adanya intervensi untuk meningkatkan TfD peserta didik. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Metode Sosiodrama, Toleransi, Ketidaksepakatan, Toleransi terhadap Ketidaksepakatan ***** This study examines the effect of group guidance with the sociodrama method on tolerance for disagreement in class XI students at SMAN 99 Jakarta. The sample consisted of 20 students, selected using purposive sampling. This quasi-experimental study employed a nonequivalent control group design. Data were collected using the adapted Tolerance for Disagreement (TfD) scale, focusing on flexibility and avoidance, and analyzed with the Mann-Whitney test. The results showed a significant improvement in the experimental group, where the pre-test score of 32.7 (medium to low) indicated low to medium flexibility and medium to high avoidance. The post-test score increased to 48.3 (high), with an average n-gain of 0.496 (medium). These findings highlight the need for interventions to enhance students' TfD, as their initial tolerance for disagreement was still concerning. Keywords: Group Guidance, Sociodrama Method, Tolerance, Disagreement, Tolerance for Disagreement
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd.; 2). Dr. Susi Fitri, M.Si.,Kons. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Ilmu Sosial > Komunikasi Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Arif Rahmad Setiawan . |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 01:55 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 01:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |